Sukses

Tunggangan Kiper-kiper Dunia, dari Lev Yashin sampai De Gea

Berikut adalah tunggangan kiper-kiper terkenal dan terhebat di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagaimana pesepak bola lain, penjaga gawang, apalagi yang bermain untuk tim-tim besar dunia, punya uang berlebih untuk membeli apapun yang mereka inginkan. Termasuk kendaraan yang harganya "selangit".

Ini berlaku bagi penjaga gawang dari segala zaman. Meski jumlah kiper yang terkenalan tidak lebih banyak ketimbang posisi-posisi lainnya.

Liputan6.com merangkum beberapa penjaga gawang paling berpengaruh di seluruh dunia, dan lintas zaman, beserta tunggangan-tunggangan mereka.

Lev Yashin

Banyak yang bilang Lev Yashin, asal Uni Soviet, adalah kiper terbaik sepanjang masa. Beragam penghargaan, baik individu atau tim yang dibela, telah banyak diraih. Dia hanya kebobolan 100 kali sepanjang karirnya dari 1949 sampai 1971.

Ada cerita menarik soal Lev Yashin dan merek asal Jepang, Mazda. Menurut beberapa sumber, sekitar akhir 1960-an, Lev Yashin sempat punya Mazda. Laman alamy.com bahkan menyebut Mazda sempat menghadiahi Lev Yashin mobil saat ulang tahunnya ke-60.

Oliver Kahn

Tidak diragukan lagi bahwa King Kahn, julukan bagi Oliver Kahn, adalah salah satu kiper legendaris yang dimiliki Jerman.

Sebagai kiper sekaligus selebritis, tak heran jika selera mobil orang ini cukup tinggi. Ia, misalnya pernah terekam kamera saat mengendarai Aston Martin.

Kemudian, Autobild Jerman, tahun 2002 lalu pernah melaporkan bahwa Kahn datang ke lokasi latihan menggunakan Ferrari 360 Spider, sebuah mobil sport bermesin V8 3,6 liter yang mengeluarkan tenaga sampai 400 Tk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Gianluigi Buffon

Tak ada yang meragukan kalau Gianluigi Buffon adalah salah satu legenda hidup penjaga gawang saat ini. Usia yang hampir menginjak 40 tahun tak membuatnya kehilangan kegesitan. Delapan kali titel Kiper Terbaik Serie A adalah buktinya.

Laman autotrader.ca pernah menyebut kalau pria Italia ini hanya punya satu mobil, Jeep Grand Cherokee. Namun sumber lain menyebut ia juga punya beberapa mobil, salah satunya adalah LanciÄ… Ypsilon, yang sama sekali tidak terkenal.

Kepada The Guardian pada 2013 lalu, Buffon pernah bilang kalau "mungkin saja saya adalah satu-satunya pesepakbola yang tidak tertarik dengan mobil."

Petr Cech

Kemudian Petc Cech. Berbeda dengan kiper-kiper seniornya yang sudah disebutkan tadi, Cech adalah seorang yang suka mobil-mobil mahal. Maklum, uangnya sangat banyak karena membela banyak tim-tim besar.

Ia bahkan pernah kecelakaan. Usai kalah dari Liverpool dalam pekan perdana Liga Premier tahun lalu, Cech merusak Audi RS7 miliknya di parkiran. Banyak yang bilang ia saat itu tidak fokus karena kebobolan langsung empat gol.

David De Gea

Dari kiper-kiper sebelumnya, De Gea adalah yang paling junior. Posisi ini juga sekaligus membuatnya jadi kiper yang paling melek mobil bagus.

Tingkah menjengkelkan seperti ini pernah membuat Chervolet, sponsor Manchester United (MU), kecewa. Mereka sudah menyediakan banyak unit Chevrolet untuk para pemain, tapi banyak dari mereka malah pilih mobil yang lebih mahal, termasuk De Gea.

Tapi De Gea tidak terlalu lama "membangkang". Laman carkeys.co.uk menyebut, De Gea sudah sering terlihat menggunakan mobil Chevrolet Captiva varian tertinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini