Sukses

Kenapa Harus Ada Oli Khusus Skutik?

Liputan6.com, Jakarta Semua prinsip kerja pelumas (oli) kendaraan bermotor pada dasarnya sama. Ia melindungi bagian mesin dari gesekan berlebih, agar performa tetap terjaga, dengan cara melumuri seluruh bagiannya.

Tapi faktanya, ada oli yang dijual khusus. Termasuk oli yang hanya diperuntukkan bagi skuter matik alias skutik, jenis motor paling populer di Indonesia yang populasinya sampai 70 persen dari total penjualan motor.

Shofwatuzzaki, B2C Lubricants Technical Manager PT Shell Indonesia, mengatakan bahwa oli khusus ada karena memang pada dasarnya skutik itu berbeda dengan motor pada umumnya. Yang paling jelas tentu di bagian transmisi.

Pada motor konvensional, ketika pelumasnya terlalu licin, ada potensi kopling slip. Soal-soal ini yang sudah tidak lagi ada pada skutik.

Pria yang akrab disapa Zaki ini mengatakan, skutik pada dasarnya istimewa. Sebab, meski kubikasinya kecil, tapi sebetulnya kerjanya lebih berat. Rata-raya putaran mesinnya lebih tinggi dari motor biasa.

Kondisi ini jelas membuat mesin motor lebih panas. Karena itulah dibutuhkan oli khusus.

"Ini bisa dikompensasikan dengan pelumas khusus yang diformulasikan rendah gesekan. Dengan oli seperti itu panasnya akan "terkompensasi". Itu kenapa ada oli khusus yang buat skutik," terangnya, di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Rendah gesekan yang ia maksud merujuk pada oli yang punya kekentalan tinggi. Cara yang paling mudah untuk menentukan oli yang paling pas dengan spesifikasi motor adalah dengan melihat informasi di Buku Pedoman Pengguna.

Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Tingkatkan Performa Yamaha Aerox, Ganti Knalpot
Artikel Selanjutnya
Beda Usia Mobil, Beda Pula Jenis Olinya