Sukses

Ini Sosok Skutik Listrik Viar Q1 Penantang Gesits

Liputan6.com, Jakarta - Viar Motor Indonesia menggebrak pasar roda dua nasional dengan mempersiapkan motor listrik bernama Viar Q1. Rencananya, motor listrik ini bakal dirilis secara resmi pada 7 Juni 2017.
Motor listrik Viar Q1 dibanderol Rp 16,2 juta. (Herdi/Liputan6.com)
Belum banyak informasi yang terungkap dari motor listrik ini. Viar masih menutup rapat kran informasi hingga motor listrik berwujud skutik ini hingga resmi diluncurkan.
Ruang bagasi Viar Q1 cukup luas. (Herdi/Liputan6.com)
Namun yang pasti, skutik listrik berdaya 800 Watt ini merupakan hasil kerjasama dengan Bosch. Perusahaan penyedia layanan dan teknologi asal Jerman tersebut menyuplai motor listrik.

Dari segi desain, Viar Q1 nampak gendut dengan bodi yang membulat. Tubuhnya terlihat berisi berkat penggunakan pelek 10 inci yang dibalut ban gambot.
Viar Q1 memiliki desain kaki-kaki yang menarik. (Herdi/Liputan6.com)
Menariknya, tabung suspensi depan memiliki desain yang elegan. Pun begitu dengan pelek palang enam yang kelirnya dibuat senada dengan tabung shockbreaker.
Bodi gambot serta lampu sudah menggunakan LED. (Herdi/Liputan6.com)
Pada sistem pencahayaan, lampu depan dan belakang menggunakan LED. Di balik jok, terdapat ruang penyimpanan yang ukurannya tidak terlalu besar. Tapi cukup untuk menyimpan alat pengisian ulang baterai.

Instrumen panelnya sudah digital. Informasi yang disajikan berupa speedometer, odometer, indikator baterai. Sementara port untuk pengisian baterai berada di bagian tengah dek.
Panel instrumen Viar Q1 full digital. (Herdi/Liputan6.com)
Skutik listrik ini diklaim memiliki daya jelajah hingga 90 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh. Kecepatan maksimumnya 60 km/jam, sedangkan waktu pengisian ulang baterai dari kosong hingga penuh mencapai 5 jam.

Sekadar informasi, Q1 sudah bisa dipesan dengan periode 15 Mei - 7 Juni 2017. Banderol untuk wilayah Jadetabek dipatok Rp 16,2 juta.

Viar Q1 dilengkapi surat-surat yang sah. (Herdi/Liputan6.com)

Sama seperti kendaraan bermotor pada umumnya, skutik listrik ini telah mendapatkan surat izin jalan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian, termasuk legalitas berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Nomor Polisi.‎

Artikel Selanjutnya
Deretan Motor Listrik Ternama di Dunia, Apa Saja? (Bagian 2)
Artikel Selanjutnya
Deretan Motor Listrik Ternama di Dunia, Apa Saja?