Sukses

Christopher Columbus Amerika Sambangi Indonesia

Pasangan suami istri (pasutri) asal Amerika Serikat, keliling dunia naik motor Suzuki DR650. Kini mereka tengah berada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan suami istri (pasutri) berkewarganegaraan Amerika Serikat, Mike Mills dan Shannon Mills, keliling dunia dengan mengendarai sepeda motor Suzuki DR650. Belum lama ini mereka enyambangi Indonesia setelah melintasi 41 negara dan lintas benua sejak 2014.

Pasutri asal Seattle ini memiliki hobi mengendarai motor dan memiliki misi mulia yaitu untuk mengkampanyekan humanitas dan keramahan beragam penduduk yang berbeda negara dan budaya. Mereka juga ingin membuktikan jika mengelilingi dunia bisa diwujudkan menggunakan kocek pribadi.

"Kita bisa melangkah keluar dari pintu kita, mengendarai sepeda motor dan menjadi Christopher Columbus, National Geographic, dan Sir Ernest Shackleton. Hidup itu terbatas dan berharga," terang Shannon.

Sebagai informasi, Mike dan Shannon memulai perjalanan sejak 6 September 2014 dari kediamannya di Seattle, Amerika Serikat, lalu melakukan perjalanan ke arah selatan, kemudian menyebrang ke Eropa dan dilanjutkan hingga Asia Tenggara.

Total jarak tempuh mereka hingga saat ini mencapai 81.859 kilometer, dengan total bermalam di perjalanan sebanyak 981 hari dan melakukan camping sebanyak 345 hari.

Mereka telah melewati 41 negara yaitu Amerika Serikat, Meksiko, Belize, Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kolombia, Ekuador, Peru, Bolivia, Cile, Argentina, Uruguay, Belgia, Inggris, Prancis, Spanyol, Andorra, Lichtenstein, Swiss, Austria, Italia, Slovenia, Kroasia, Serbia, Rumania, Montenegro, Bulgaria, Maroko, Turki, Nepal, India, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Malaysia, dan Indonesia.

Di Indonesia, mereka masuk melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, lalu berkendara ke utara menuju Banda Aceh dan Pulau Weh, kemudian bergerak ke selatan menyusuri pantai barat menuju Bandar Lampung.

Ketika di Bandar Lampung, mereka terpaksa naik kapal ke Pelabuhan Tanjung Priok, karena sepeda motor Shannon mengalami kendala dan harus diperbaiki. Bengkel resmi Suzuki Sejahtera Motor Gemilang di Sunter, Jakarta Utara, menjadi jalan keluar untuk menangani perbaikan hingga tuntas.

Menurut Mike, Suzuki DR650 menjadi pilihan tepat untuk kendaraan di seluruh dunia. Suzuki DR650 bagus di lintasan aspal dan di jalan tanah yang kotor.

"Dengan penggunaan ban yang tepat kedua motor kami bisa berjalan ke mana saja. Mereka kuat, bisa diandalkan dan mudah dipelihara. Jika saya bisa memulai perjalanan ini lagi, saya akan menggunakan motor yang sama, Suzuki DR650," kata dia.

Kini Mike dan Shannon tengah terbang menuju Sumbawa, Nusa Tenggara Barat untuk menghadiri pertemuan tahunan bertajuk Horizons Unlimited Indonesia (18 – 21 Mei 2017) yang diselenggarakan oleh Jeffry Polnaja (orang Indonesia pertama yang berkeliling dunia dengan sepeda motor selama tujuh tahun).

Rencananya, setelah dari Sumbawa mereka akan kembali ke Jakarta dan kemudian mulai mengendarai sepeda motor lagi ke Bali. Mereka akan menghabiskan sekitar tiga minggu berkendara di Pulau Jawa. Target akhirnya mereka akan menuntaskan perjalanan di Indonesia dan berlayar ke Vancouver, Kanada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini