Sukses

Dua Sopir Ini Wakili Indonesia Adu Irit Truk Volvo di Swedia

Liputan6.com, Jakarta Volvo Trucks Indonesia (VTI) mengumumkan hasil kompetisi babak final Fuelwatch 2017 Indonesia yang berlangsung di BSD City, Tangerang, Rabu (17/5/2017). Angel Karapang dan Moh. Faktur Rohman berhasil menjadi pemenang.

Dengan kemenangan ini, mereka akan mewakili Indonesia dalam babak final Fuelwatch Asia Pasific di Swedia, September mendatang. Angel Karapang dari PT Artha Mineral Resources akan bertarung di kelas offroad, sementara Moh. Faktur Rohman dari PT. Calvary Abadi bersaing di kategori on road.

Pada babak final kelas on road yang berlangsung di trek aspal berjarak 8,25 kilometer (km), Moh Faktur Rohman dapat menghemat bahan bakar 1,4 persen dibanding lawannya. Sedangkan di kelas offroad berjarak 3 km, Angel Karapang mampu menghemat 23 persen dari kompetitornya.

Sebagai informasi, pengukuran efisiensi bahan bakar ini menggunakan Dynafleet yang merupakan system pengukuran fleet management. Pengukuran berdasarkan 4 kategori utama, yakni pengereman, adaptasi kecepatan, penggunaan gir, mesin dan dalam keadaan diam.

Untuk diketahui, dalam babak final peserta untuk trek offroad menggunakan Volvo FMX 400 bermesin 13 liter transmisi manual. Truk heavy duty tersebut memiliki power 400 Tk dengan torsi 2.000 Nm. Sementara untuk trek on road menggunakan Volvo FH16 berkekuatan 550 Tk dan torsi 1770 Nm yang bersumber dari mesin 16 liter.

Untuk diketahui, babak kualifikasi kompetisi adu irit mengendarai truk Volvo ini berlangsung sejak Februari lalu. Sedikitnya 80 peserta dari berbagai daerah di Tanah Air mengikuti kompetisi.

Dalam prosesnya, setiap peserta diuji sikap keterampilan dan disiplin dalam menangani truk, kompetisi ini juga untuk menilai bagaimana para peserta menampilkan kemampuan mereka dalam berkendara hemat bahan bakar serta keahlian mereka mengemudi truk.

“Setiap tahunnya, penyelenggaraan acara Volvo Trucks Fuelwatch merupakan acara yang ditunggu-tunggu oleh para pengemudi di seluruh dunia. Tahun ini, kami mempersiapkan para pengemudi dengan keterampilan dan training yang lebih intensif lagi untuk mengatasi tantangan pertandingan di ajang Asia Pacific, September mendatang," ujar Jurn Terpstra, Direktur Marketing untuk Volvo Trucks Indonesia.

Artikel Selanjutnya
Coba Lawan Arus, Sopir Bus BRT Semarang Tabrak 4 Kendaraan
Artikel Selanjutnya
Truk Kontainer Picu Tabrakan Beruntun, 5 Orang Tewas