Sukses

Deretan Motor Listrik Ternama di Dunia, Apa Saja?

Sepeda motor listrik telah lama dikembangkan, tak melulu seperti skuter, melainkan sport full fairing atau naked, bahkan Supermoto.

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan berdaya listrik kini semakin gencar dibuat para perusahaan otomotif. Tak hanya mobil, perusahaan otomotif roda dua juga terus mengembangkan motor listrik.

Baru-baru ini, PT Triangle Motorindo selaku agen pemegang merek Viar Motor Indonesia merilis skuter listrik paling terbaru yakni Viar Q1.

Skuter listrik dengan desain mungil ini cukup menyedot perhatian karena harganya yang relatif terjangkau yaitu Rp 16,2 juta dan telah dilengkapi surat-surat seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Namun demikian, di belahan dunia lain, sepeda motor listrik rupanya telah lama dikembangkan. Modelnya pun tak melulu seperti skuter, melainkan sport full fairing atau naked, bahkan supermoto.

Mau tahu motor apa saja yang cukup menarik perhatian dunia, berikut beberapa namanya:

Johammer J1

Motor listrik buatan Austria ini memiliki tampang sangat cukup unik. Lihat saja semua jeroan mesin tertutup, hanya ada beberapa panel menonjol keluar.

Motor listrik yang mirip dengan sebuah serangga atau kumbang yang ditawarkan dalam dua pilihan J1.150 dan J1.200.

Johammer J1 dilengkapi baterai lithium-ion, berpendingin udara, dan penggerak motor rear-wheel 11 kW yang menghasilkan output 16 kW.

Kedua Johammer ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan maksimal 120 km/jam. J1.150 memiliki berat 159 kg dan J1.200 seberat 178 kg yang telah dilengkapi kaki-kaki roda 19 inci di bagian depan dan 17 inci di belakang. Rem dibekali dengan kaliper hidrolik standar 300 mm disc.

Soal harga, Johammer J1.150 dijual 22.900 Euro dan J1.200 seharga 24.900 Euro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Saietta

Saietta NGS (Next Generation Saietta) ini memang masih prototype dari motor listrik. Saietta bukan perusahaan baru, mereka telah membangun motor listrik sejak 2008, dengan model yang dikenal Agility Saietta Motors R.

Desain Saietta ini juga cukup futuristiK seperti terlihat banteng yang sedang menyeruduk, karena bagian depan motor terlihat menggelembung.

Namun sayang, tidak disebutkan secara detail sosok motor tersebut termasuk kapan resmi diluncurkan.

Adapun menurut sumber, kekuatan motor listrik ini dapat menghasilkan daya 200 Tk dan torsi 150 Nm. Soal harga, diperkirakan motor ini tembus 60,000 Euro.

Energica

Perusahaan superbike bertenaga listrik asal Italia, Energica, memiliki dua model motor listrik terkenal yakni Eva untuk naked dan Ego full fairing.

Motor listrik Energica Ego memiliki kekuatan mesin 134 Tk dengan motor 100kW. Dengan kekuatan baterai 11.7kWh, kecepatan di jalan bebas hambatan mencapai 240 km/jam.

Sedangkan Evo tenaga maksimumnya mencapai 95 Tk dengan torsi 170 Nm. Energica Eva dan Ego harganya antara US$ 25 ribu sampai US$ 34.544.

3 dari 3 halaman

Next

Alta Redshift

Perusahaan Motor Alta Motors merupakan produsen sepeda motor listik pendatang baru yang bermarkas di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Yang terbaru, perusahaan ini membuat Redshift ST dengan konsep Supermoto dan Motocross. Bodi motor ini dibuat dari motor tracker dengan serat karbon berdiameter 19 inci dan suspensi WP.

Belum banyak bocoran mengenai sosok motor ini, namun Alta Motors menginginkan Redshift ST dibekali baterai 5,8 kWh.

Dengan waktu mengisi baterai selama dua jam, motor dengan bobot 122 kilogram ini diklaim mampu menempuh perjalanan sejauh 50 mil, dengan daya 40 Tk dan torsi puncak 162 Nm.

Lightning

Motor listrik Lightning LS-218 dengan tampang sport ini digadang-gadang menjadi yang paling tercepat. Motor ini diklaim mampu melesat hingga 350 km/jam.

Ketangguhan dari motor listrik LS-218 sendiri dketahui mampu menghasilkan power hingga 200 Tk dan torsi 228 Nm pada 10.500 rpm.

Dalam satu kali pengisian baterai, motor ini diklaim mampu menjelajah hingga 160 km tanpa henti dalam sekali isi baterai. Bersambung...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.