Sukses

Deretan Motor Listrik Ternama di Dunia, Apa Saja? (Bagian 2)

Deretan motor listrik ternama di dunia lainnya tak kalah menarik, karena memiliki teknologi, kekuatan dan torsi yang hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sebelumnya, Liputan6.com menyajikan lima Deretan Motor Listrik Ternama di Dunia, itu belumlah selesai. Sebab, masih ada  Lima model motor listrik lainnya yang tak kalah menarik, karena memiliki teknologi, power dan torsi yang hebat.

Kehadiran motor listrik ini memang menjadi alasan untuk kendaraan bebas emisi. Sebab, diberbagai negara maju, pemerintah sangat mendukung akan kendaraan ramah lingkungan.

Hal ini pula yang membuat sejumlah perusahaan otomotif memproduksi sepeda motor listrik. Berikut lanjutan dari deretan motor listrik ternama di dunia:

Yamaha EC-03

Yamaha tak hanya fokus mengembangkan kendaraan berbahan bakar minyak. Pasalnya, mereka juga telah menjual skuter listriknya yang disebut EC-03, dengan harga dikisaran Rp 40 jutaan.

Desain yang mungil rupanya membuat EC-03 bukan dibuat untuk kebut-kebutan jarak jauh, melainkan hanya melaju perlahan untuk jarak cukup dekat.

Kaki-kakinya pun menggunakan pelek kecil berukuran 12 inci berbalut ban depan-belakang 60/100.
Di atas kertas, skuter listrik yang telah ada sejak 2010 ini menggunakan baterai Lithium-ion yang dapat dicas hingga tujuh jam.

Dengan begitu, kekuatan yang dihasilkan mencapai 1,4 kw atau setara 1,87 Tk dan torsi 9,6 Nm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Next

BMW C Evolution

Perusahaan berbasis di Jerman ini kerap menghadirkan sepeda motor premium. Hal ini pula diwujudkan BMW dengan menghadirkan skuter premium berdaya listrik, C Evolution.

Skuter ini telah dikembangkan sejak 2013. Modelnya pun disamakan dengan skuter bermesin 600 cc.
BMW C evolution diklaim baterainya dapat diisi ulang selama empat jam dan mampu menempuh jarak 98 km. Dengan baterai ini menghasilkan tenaga 47 Tk dan torsi 53 lb-ft atau 72 Nm.

Skuter bongsor ini diklaim mampu melesat 0-100 km/jam sekitar 6,2 detik. Sedangkan kecepatan maksimal mencapai 120 km/jam.

3 dari 5 halaman

Next

KTM Freeride E

Perusahaan berbasis di Austria ini juga telah melakukan terobosan untuk jenis supermoto dengan meluncurkan KTM Freeride E.

Mengusung tenaga listrik, bukan berarti tenaganya lemah. Pasalnya, KTM Freeride E mampu menghembuskan power hingga 22 Tk pada 4.500 rpm dengan torsi sebesar 31 lb-ft.

Tenaga yang disemburkan ini digadang-gadang mirip motor konvesional bermesin 200-250 cc, silinder tunggal.

Perusahaan yang identik dengan warna oranye ini mengklaim, baterai motor dapat diisi penuh hanya dalam waktu 80 menit. Jika baterai diisi ulang dalam waktu 50 menit, setidaknya daya yang dikumpulkan mencapai 80 persen.

4 dari 5 halaman

Next

Victory

Nama Victory memang tinggal kenangan. Pasalnya, perusahaan sepeda motor asal Amerika Serikat ini menyatakan tutup di awal 2017 lalu. Namun demikian, Victory sempat menjadi bahan perbincangan berkat motor listrik yang cukup buas, Victory Brammo Empulse TT.

Motor bergaya naked ini juga disebut-sebut penjegal dari proyek motor listrik besutan Harley-Davidson, yaitu Livewire.

Motor ini telah disematkan mesin listrik dengan sumber tenaga baterai lithium ion dengan daya 10.4 kilo Watt hours (kWh) dan mampu menyemburkan kekuatan 54 Tk serta torsi 82.8 Nm.

Baterai ini dapat diisi hanya dengan waktu di bawah empat jam. Setelah terisi penuh, motor tersebut dapat dipacu dengan kecepatan maksimal 160 km/jam dan dapat menempuh jarak hingga 160 kilometer (eco mode).

5 dari 5 halaman

Next

Zero

Dari sekian banyak model motor listrik, merek sepeda motor asal Amerika Serikat, Zero, rupanya paling mapan.

Bagaimana tidak, Zero menjadi paling lengkap, karena memiliki enem model dengan desain yang berbeda dan disematkan kekuatan antara 44-67 Tk. Harga motor Zero pun dijual berbeda-beda mulai dari 10 ribu-14 ribu Poundsterling.

Kendati disebut cukup mahal dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin, namun motor yang tidak menghasilkan emisi ini cukup memiliki harga jual tinggi karena teknologi yang disematkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini