Sukses

Majalah Resmi Mazda Isyaratkan Lahir Kembalinya Mesin Rotari

Mesin rotari Mazda disinyalir bakal "dibangkitkan" kembali. Hal ini terungkap dalam majalah resmi Mazda, Zoom-Zoom, edisi terbaru.

Liputan6.com, Fuchu - Mesin rotari Mazda disinyalir bakal "dibangkitkan" kembali. Hal ini terungkap dalam majalah resmi Mazda, Zoom-Zoom, edisi terbaru.

Di sana, sebagaimana dikutip dari carscoops.com, Selasa (23/5/2017), Mazda mengisyaratkan bahwa mesin rotari sangat mungkin kembali dan bakal diluncurkan sebagai sistem penggerak tunggal untuk model terbaru.

"Rotari mungkin benar-benar diambang comeback. Sebagai sumber tenaga utama, pada rpm konstan dan optimal (mesin ini) sangat ideal," tulis majalah tersebut.

Disebutkan pula, selain sebagai sumber tenaga utama, ia juga mungkin dapat disandingkan dengan powertrain lain sehingga menjadi penggerak hybrid.

"Mesin rotari dapat bekerja luar biasa pada hidrogen, unsur paling melimpah di dunia. Ini juga sangat bersih. Pembakaran hidrogen hanya menghasilkan uap air," tambahnya.

Sebelumnya, Mazda juga ketahuan mendaftarkan paten untuk mesin rotari baru di US Patent and Trade Office. Dalam paten itu terlihat dua gambar.

Paten pertama tergambar motor listrik sebagai penggerak roda depan, dan di bagian belakang adalah mesin pembakaran internal yang memberikan tenaga untuk generator elektrik. Di tengah ban depan dan belakang itu, terdapat baterai lithium-ion.

Paten kedua adalah mesin rotari itu sendiri, namun telah dilengkapi dengan sistem start-and-stop. Sistem dirancang untuk mematikan mesin rotari saat tidak dibutuhkan, misalnya saat berhenti di lampu merah, dan akan kembali hidup saat dibutuhkan.

Beberapa informan, menurut carscoops, mengatakan bahwa pada September nanti akan ada pengumuman resmi dari perusahaan soal masa depan rotari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.