Sukses

Keren, Motor Kayu Berbahan Bakar Tumbuhan Ganggang

Liputan6.com, Amsterdam - Seorang desainer asal Belanda, Ritsert Mans bersama rekannya yang merupakan ilmuwan, Peter Mooji, melakukan inovasi cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, mereka membuat sepeda motor yang terbuat dari kayu dan bahan bakar unik.

Dengan desain ala café racer, sepeda motor ini menggunakan bahan kayu hampir pada semua bagian, mulai dari sasis, garpu, dan swingarm. Namun untuk mesin dan kaki-kaki motor ini masih menggunakan logam.

Tak hanya itu, dilansir Motorcyle News, Selasa (23/5/2017), motor kayu tersebut bukan meminum bahan bakar dari minyak bumi, melainkan sari pati tumbuhan ganggang.

Pengujian motor ini pun tidak dilakukan di jalanan aspal, melainkan tepi pantai. Ada dua alasan pengujian ini dilakukan di tempat tak biasa.

Menurut mereka, hal ini sengaja dilakukan karena ganggang yang digunakan untuk bahan bakar tumbuh di laut. Lalu, pengujian ini sengaja dilakukan di pantai agar mirip pengetesan sepeda motor di awal abad 20.

"Orang tidak tahu seperti apa dunia ini dalam 30 tahun ke depan soal transportasi dan energi. Ketidakpastian itu juga indah, ini adalah petualangan baru. Setiap orang bisa mengembangkan dan membangun ide mereka sendiri dan saya pikir penting untuk mengarah pada petualangan,” ungkap Mans.

Tidak disebutkan secara detail, bagaimana spesifikasi, kecepatan, jelajah, dan efisiensi bahan bakar sepeda motor tersebut. Namun demikian, adanya penemuan tersebut sontak memberikan harapan baru.

Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Memilih Jok Kulit Sintetis Berkualitas
Artikel Selanjutnya
Ilmuwan China Ubah Daun yang Berguguran Menjadi Baterai