Sukses

Puluhan Pabrikan Ikut Tokyo Motor Show, Big 3 Tidak Gabung

Sebanyak 13 produsen mobil dan motor non-Jepang akan berpartisipasi dalam Tokyo Motor Show ke-45 yang mulai dihelat Oktober nanti.

Liputan6.com, Tokyo - Sebanyak 13 produsen mobil dan motor non-Jepang akan berpartisipasi dalam Tokyo Motor Show ke-45 yang mulai dihelat Oktober nanti. Jumlah ini lebih sedikit empat partisipan dibanding tahun sebelumnya.

Menariknya, sebagaimana dilaporkan the-japan-news.com, Big Three, julukan untuk tiga pabrikan besar otomotif Amerika Serikat (AS), tidak turut serta.

General Motors (GM) dan Ford motor akan absen untuk kelima kali berturut-turut. Sementara Fiat Chrysler baru kali ini tidak gabung. Seluruh data partisipan dirilis oleh Japan Automobile Manufacturers Association (JAMA), Selasa (23/5) kemarin.

"Kami ingin mereka gabung, tapi sayangnya tidak ada aplikasi dari mereka," ujar Hiroto Saikawa, Chairman JAMA.

Satu pabrikan lagi yang juga tidak turut serta adalah Jaguar Land Rover, asal Inggris. Volvo dan Harley-Davidson justru akan kembali turut serta setelah absen sejak 2013 lalu. Sementara Scania untuk pertama kalinya akan berpartisipasi.

Selain 13 merek luar, ada 14 merek lokal yang turut bergabung. Termasuk di dalamnya pabrikan-pabrikan yang juga terkenal di Indonesia seperti Toyota, Nissan, dan Honda.

Jumlah keseluruhan produsen mobil dan motor, supplier, dan organisasi terkait lainnya yang akan turut serta adalah 150.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini