Sukses

Bus Listrik Hyundai Siap Dijual Tahun Depan

Liputan6.com, Seoul - Setelah tujuh tahun, akhirnya Hyundai memperkenalkan bus listriknya, Elec City. Bus yang diperkenalkan di ajang Hyundai Truck & Bus Mega Fair ini, rencananya akan digunakan di jalanan Korea Selatan.

Melansir Carscoop, Jumat (2/6/2017), pembuatan bus listrik ini pertama kali diungkapkan pada 2010. Namun, kendaraan ini tidak kunjung diberi lampu hijau untuk diproduksi, karena tingginya biaya baterai saat itu.

Tujuh tahun kemudian, dengan harga baterai yang lebih murah dari sebelumnya, Hyundai memiliki celah lain untuk memproduksi bus listrik tersebut, sekaligus melakukan penjualan pada 2018.

Untuk spesifikasinya, bus Elec City ini tertanam baterai polimer lithium-ion 256 kWh. Hyundai mengklaim, dengan baterai ini mampu menempuh jarak hingga 290 km.

Tenaga bus yang bersumber dari motor listrik ini sebesar 240 kW, dan dilengkapi dengan fitur pengisian cepat, sehingga untuk mengisi baterai bus listrik ini hanya diperlukan waktu kurang lebih satu jam.

Dalam sebuah pernyataan, Hyundai mengatakan, Elec City memberikan gambaran sekilas tentang masa depan transportasi umum. Bus menunjukan kesesuaian powertrain pionir listrik Hyundai untuk aplikasi komersil.

"Di jalan, Elec City menawarkan driving range terbaik di kelasnya. Dengan baterai polimer lithium-ion 256 kWh, bus ini bisa mengendarai 290 km dengan sekali pengisian. Selain itu, bus ini memiliki berbagai fasilitas keselamatan dan human-centered, seperti Around View Monitoring dan Full Color Digital Cluster," tulis Hyundai.

Artikel Selanjutnya
Mobil Listrik Nissan e-Power Masih Punya Emisi Gas Buang
Artikel Selanjutnya
Nissan Note e-Power, Mobil Listrik yang 'Pakai' Mesin Bensin