Sukses

Mengenal Istilah Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa jenis kaca di atap mobil. Dari mulai sunroof, moonroof, dan panorama roof. Ketiga jenis kaca ini punya fungsi yang sama persis, yaitu agar penumpang dapat melihat ke atas mobil.

Namun, sebagaimana nama yang berbeda, jenis kaca di atap yang disebutkan di atas itu cara kerjanya berbeda. Apakah itu?

Sunroof

Sunroof adalah jenis kaca yang ketika dibuka salah satu sisinya akan mengangkat ke atas, sehingga menciptakan sudut. Konsekuensinya, aliran udara dapat diarahkan untuk masuk ke kabin. Salah satu mobil yang pakai sunroof adalah Kia Rio.

Moonroof

Moonroof sebetulnya tak berbeda jauh dengan sunroof. Perbedaan keduanya hanya pada ke arah mana kaca akan terbuka. Jika sunroof ke atas, maka moonroof masuk ke dalam atap. Konsekuensinya, ia tidak mengganggu aliran udara.

Panorama Roof

Lain lagi dengan panorama roof, atau yang juga kerap disebut panoramic roof. Panorama roof tidak bisa dibuka-tutup, tapi ia paling luas dibanding kaca yang lain. Fungsinya agar penumpang bisa melihat dengan bebas ke atas.

Ada mobil yang panorama roof-nya dilengkapi dengan tirai, sehingga bisa ditutup. Ada juga yang tidak. Salah satu mobil yang dilengkapi fitur ini adalah Nissan Serena.

Artikel Selanjutnya
Wujudkan Kepribadian Gaya Anda Lewat Paduan Scarf yang Tepat
Artikel Selanjutnya
Beginilah Inovasi Apartemen Meikarta yang Dibangun Lippo Group