Sukses

Toyota Aplikasi Platform TNGA, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota,sudah memiliki platform baru, yang disebut Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini bakal digunakan di banyak model, seperti Toyota Prius dan Toyota C-HR.

Menurut Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, pihaknya juga siap mengaplikasi platform TNGA. Pasalnya, platform ini juga menjadi salah satu proyek masa depan Toyota Indonesia, selain mobil listrik dan hybrid.

"Itu (TNGA) masuk future line-up kita. Kapan produksinya? setelah 2020," ujar Warih saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu, di Kuningan, Jakarta Selatan.

Namun sayang, pria berjanggut ini masih menutup keran informasi terkait model apa yang akan menggunakan platform TNGA. Tapi yang pasti, dengan platform ini kemungkinan besar Toyota C-HR bisa diproduksi secara lokal. "Kita belum bisa announce. Pasti line-up diatur nanti. Semuanya, bakal banyak model," tambah Warih.

Sementara itu, ketika ditanya apakah setelah menggunakan platform TNGA akan mengganti seluruh platform Toyota yang lama? Pria asal Solo ini hanya menjawab diplomatis, jika itu juga harapan Toyota Indonesia. "Cita-citanya begitu," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Senior PT TMMIN, Edward Otto Kenter pernah mengatakan, jika pihaknya sudah mulai mempersiapkan platform baru tersebut. Hal ini agar platform ini bisa sesuai dengan karakteristik konsumen di Indonesia.

"Kita sedang mempelajari, dan itu semua tidak bisa didapat begitu saja, harus dibuktikan, dan pasar bisa menerima," tegas Edward.

Untuk kapan waktunya Toyota Indonesia dapat memproduksi model baru dengan platform TNGA,  ini juga masih belum bersedia memberikan waktu pastinya. "Kan itu juga baru mulai sekarang, maksudnya belum start di pusat (Jepang). Jadi kita sama-sama lah," pungkasnya.

Artikel Selanjutnya
20 Aplikasi Android yang Rakus Kuota Internet
Artikel Selanjutnya
Google Assistant Bikin Sengsara Pengguna Smartwatch, Kok Bisa?