Sukses

Pakai Mobil Saat Mudik, Jangan Lupa Lakukan Hal ini

Liputan6.com, Jakarta Mudik telah menjadi tradisi tahunan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Ya, bertemu dengan sanak keluarga menjadi salah satu tujuan mudik. Biasanya arus mudik dimulai menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kini, banyak dari pemudik yang memilih mengemudikan sendiri kendaraan untuk pulang ke kampung halaman. Apa saja yang perlu disiapkan?

Perlu diketahui, lonjakan kendaraan selama arus mudik adalah hal pertama yang harus diantisipasi. Sebagai contoh, pada tahun 2016 yang lalu, prediksi lonjakan lalu lintas kendaraan pribadi bisa menembus lebih dari 2 juta kendaraan.

Arus mudik lebaran pada tahun 2016 dari H-7 sampai dengan H-1 Lebaran diperkirakan meningkat sebanyak 6,17% dibanding dengan tahun sebelumnya.

Nah, dari data di atas sudah tergambarkan seperti apa arus mudik nanti pada 2017 ini. Perlu diingat, bahwa tak semua pengemudi selama arus mudik terbiasa menempuh perjalanan jauh, lamanya jarak tempuh, dan juga kemacetan yang terjadi. Hingga tak heran, kecelakaan ataupun kerusakan mobil yang mengakibatkan mobil mogok merupakan hal yang kerap terjadi.

Masih merujuk dari data tahun 2016, sepanjang arus mudik telah terjadi sebanyak 856 kecelakaan. Jumlah korban meninggal dunia mencapai 172 jiwa.

“Angka kecelakaan terbesar kedua adalah mobil pribadi. Maka dari itu, berhati-hatilah bagi para pemudik saat berkendara,” ujar Ketua Posko Harian Pos Mudik Kementrian Perhubungan, Besty Ernani, seperti dilansir Liputan6.com, Senin (13/9/2016).

Dari angka di atas seharusnya bisa diambil pelajaran bagi setiap pemudik yang ingin bersiap pulang kampung pada tahun ini, bahwa perlu adanya persiapan matang untuk menghindari kerugian akibat lalai dalam berkendara.

Persiapan

Jangan sampai jika Anda mengalami kecelakaan saat mudik. Oleh karena itu, sebaiknya jauh-jauh hari Anda sudah melakukan persiapan dengan baik. Memeriksa kendaraan menjadi salah satu bagian penting dalam persiapan mudik.

Kebanyakan orang saat mudik menggunakan mobil untuk pergi ke kampung halaman

Kemacetan yang panjang dan jarak tempuh ke lokasi kampung halaman, membuat setiap pemudik yang membawa kendaraan pribadi harus mempersiapkan beberapa hal yang diperlukan untuk mengarungi mudik.

Anda tak hanya membutuhkan mental yang kuat, kesehatan pun juga perlu diperhatikan saat mudik. Pastikan sebelum berangkat, Anda sudah beristrahat dengan cukup dan mendapat asupan makanan yang bernutrisi.

Untuk persipan kendaraan, melakukan service rutin bisa menjadi sangat bermanfaat. Nah, sebaiknya hal ini dilakukan sebelum Anda berangkat mudik. Pastikan komponen mobil berfungsi baik, mulai dari mesin, rem, sampai lampu-lampu. Untuk mesin, menganti pelumas menjadi hal yang sangat vital.

Pemilihan pelumas yang tepat pada mesin dapat mencegah kerusakan. Berikanlah pelumas yang bisa merawat mesin mobil sejak mobil dihidupkan, seperti Castrol MAGNATEC.

Castrol MAGNATEC adalah pelumas dengan molekul-molekul pintar yang melekat pada komponen penting mesin, membentuk lapisan perlindungan yang melindungi sejak mesin dihidupkan dan juga seterusnya, bahkan saat mesin dimatikan.

Molekul pintar ini selalu siap melindungi mesin dalam setiap momen kritis yang bisa terjadi saat Anda berkendara, walaupun menghadapi kemacetan saat mudik sekalipun.

Saat ini sedang ada promo dari Castrol, yaitu setiap pembelian 4 liter pelumas Castrol MAGNATEC di bengkel Castrol Auto Service, Anda akan mendapatkan Castrol MAGNATEC Alfamart card senilai 25.000 point. (sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku)
Jadi, persiapkan mobil Anda dengan Castrol MAGNATEC. Dengan molekul pintarnya, perjalanan mudik Anda jadi semakin aman dan menyenangkan.

 

(*)

 

Artikel Selanjutnya
Balik ke Kota, Cek Lagi Kondisi Tunggangan
Artikel Selanjutnya
Membeli Mobil, Perhatikan Fakta Menarik Ini