Sukses

Pakai Mobil Matik Buat Mudik Lebaran, Periksa Komponen Ini!

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan mobil bertransmisi otomatis untuk mudik lebaran, bisa jadi alternatif agar perjalanan jauh tetap nyaman. Namun, jangan lupa untuk periksa komponen mobil Anda, agar tidak terjadi masalah di tengah perjalanan.

Dijelaskan Supriyadi, pemilik bengkel khusus mobil matik Auto Techno, bagi pemudik yang berniat membawa mobil matik, sebaiknya periksa oli transmisi. Ada baiknya, ganti oli transmisi sebelum melakukan perjalanan jauh.

"Sebenarnya kekuatan mobil matik terdapat di oli transmisi. Jadi, perhatikan oli sebelum melakukan perjalanan jauh seperti mudik," jelas pria yang akrab disapa Adi kepada liputan6.com, Selasa (6/6/2017).

Lanjut pria yang bengkelnya beralamat di Jalan Raya Pulogebang Nomor 21, Jakarta Timur ini untuk penggantian oli juga lihat jenis transmisnya. Jika CVT, gunakan oli khusus, dan untuk matik konvensional gunakan oli ATF atau automatic transmission fluid. "Jangan ketuker, bisa fatal kalau tertuker," tambahnya.

Sementara itu, perhatikan juga jenis transmisi apakah memiliki modul yang terendam dengan oli atau tidak. Jika modul terendam oli, maka dibutuhkan oli khusus. "Selain oli, periksa juga TCM-nya (Transmission Control Module). Itu saja sih yang harus diperiksa sebelum mudik Lebaran," tegasnya.

Setelah semua komponen diperiksa dan diganti, jangan lupa periksa perpindahan gigi perseneling. Jika perpindahan dari P, N, R, dan D masih normal maka mobil siap digunakan untuk mudik ke kampung halaman.

Artikel Selanjutnya
Balik ke Kota, Cek Lagi Kondisi Tunggangan
Artikel Selanjutnya
Kadishub DKI: Jumlah Pemudik Sepeda Motor Menurun