Sukses

Mendeteksi Kerusakan Transmisi Matik, Bagaimana Caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil yang ingin mengetahui kerusakan transmisi pada mobil matik, sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Untuk mendeteksi masalah pada transmisi, langkah pertama yang bisa dilakukan dengan cara mengendarainya.

Menurut Supriyadi, pemilik bengkel khusus mobil matik, Auto Techno, untuk mendeteksi kerusakan bisa dilihat dari hentakan atau getaran saat mobil berjalan, atau saat memasukkan persnelingnya.

"Biasanya transmisi rusak itu nahan, misalkan 80 km. Berarti ketahan di gigi 3, dan tidak bisa masuk ke gigi 4. Bisa juga dilihat dari saat memasukkan gigi dari N ke D atau dari N ke R ada hentakan," jelas pria yang akrab disapa Adi kepada Liputan6.com, Selasa (6/6/2017).

Lanjut pria ramah ini, cara mudah lainnya untuk mendeteksi masalah pada transmisi otomatis di mobil bisa dilihat dari layar multi information display (MID).

"Biasanya lambang AT-nya berkedip, atau di mobil Eropa gambar gear-nya kedip, dan di sebagian mobil lambang D kedip," jelasnya.

Pria yang alamat bengkelnya di Jalan Raya Pulogebang Nomor 21, Jakarta Timur ini juga menyarankan, jika memang terjadi masalah di transmisi mobil, lebih baik dibawa ke bengkel agar diperiksa lebih detail oleh mekanik.

"Apalagi saat mudik lebaran, langsung bawa ke bengkel agar diperiksa dan tidak terjadi masalah di perjalanan,' pungkasnya.

Artikel Selanjutnya
Solusi Otomotif: Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas, Bolehkah?
Artikel Selanjutnya
Tips Tinggalkan Mobil Saat Libur Lebaran