Sukses

60 Persen Ban Mobil di Kota Besar Indonesia Layak Ganti

60 persen ban mobil yang berada di pusat perbelanjaan di Jakarta, Surabaya, dan Bogor, ternyata sudah layak ganti.

Liputan6.com, Jakarta - 60 persen ban mobil yang berada di pusat perbelanjaan di Jakarta, Surabaya, dan Bogor, ternyata sudah layak ganti. Ini adalah hasil survei lapangan yang dilakukan oleh PT Goodyear Indonesia.

Dalam rilis resmi kepada Liputan6.com, disebutkan kalau pengetesan dilakukan dengan memeriksa sisa ketebalan telapak seluruh ban menggunakan Tread Depth Indicator (TDI). Ada sekitar 8.000 mobil keluarga yang diuji.

Ditemukan kalau 60 persen telapak ban dari 8.000 mobil itu berada di garis kuning. Artinya, ketebalan telapak hanya tersisa dua sampai empat milimeter lagi sebelum akhirnya aspal menyentuh karkas ban.

Ini adalah kondisi yang sangat berbahaya bagi keselamatan penumpang dan pengemudi.

Mobil-mobil yang sudah diuji akan ditandai dengan lembar rekomendasi dan kartu tanda. Diharapkan, pemilik yang melihatnya dapat langsung mengganti ban.

Adapun program pengetesan ban ini adalah bagian dari "Paket Komplit" yang digelar Goodyear dalam rangka menyambut lebaran. Dalam program ini, Goodyear menyediakan paket tukar tambah dan layanan lainnya.

"Momen ini menjadi kesempatan untuk memasukkan pemahaman mengenai keselamatan berkendara, dan peran ban secara umum," ujar Herman K. Kusnadi, Direktur Penjualan dan Pemasaran Goodyear Indonesia, beberapa waktu yang lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.