Sukses

Pentingnya Asuransi Kendaraan untuk Masa Depan Kendaraan Anda

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya tingkat kejahatan di kota-kota besar seperti yang sering diberitakan membuat kebanyakan orang yang hidup di daerah perkotaan lebih memilih untuk mengendarai kendaran pribadi. Selain tingkat mobilitas yang cukup tinggi, menggunakan kendaraan pribadi memang dirasa lebih nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan umum.

Tingginya keinginan untuk memiliki kendaraan pribadi membuat jalanan juga semakin penuh. Selain kemacetan, tingkat kecelakaan di jalanan juga semakin tinggi. Bahkan dilansir dari WHO, kecelakaan merupakan kejadian yang banyak menyebabkan kematian dengan urutan ketiga setelah kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan penyakit TBC.

Sebagai pengemudi yang baik, mentaati peraturan lalu lintas, menghormati pengemudi lain dan mengemudi dengan hati-hati memang sudah menjadi suatu keharusan. Meskipun begitu, tetap saja resiko kecelakaan dapat kapan saja menimpa kita. Mungkin akibat perbuatan pengendara lain, kendaraan yang kita miliki dapat terserempet atau bahkan mengalami kecelakaan yang cukup parah.

Salah satu cara untuk memberikan perlindungan lebih ketika kita berkendara adalah dengan memiliki asuransi mobil yang bisa didapatkan secara online di cermati.com. Dengan memiliki asuransi mobil, tentu jika ada kejadian seperti kecelakaan menimpa kita, maka biaya perbaikan yang perlu kita keluarkan dapat lebih diminimalisir.

Pahami kedua Jenis Asuransi Mobil

Asuransi kendaraan terbagi menjadi dua jenis. Anda perlu mengerti lebih lanjut dari kedua jenis asuransi ini untuk menentukan asuransi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua jenis asuransi tersebut adalah asuransi kendaraan All risk online dan TLO (Total Lost Only).

Seperti namanya, asuransi TLO hanyalah memberikan perlindungan pada mobil yang diasuransikan mengalami kerusakan total atau kerusakan cukup parah dengan tingkat kerusakan mencapai 70% hingga 75%. Kehilangan mobil yang diakibatkan dicuri oknum tidak bertanggung jawab juga dinilai kerusakan total, sehingga asuransi TLO juga akan menanggung kerugian atas kehilangan tersebut.

Contoh kasusnya, misalnya Pak Budi memiliki asuransi Sinarmas untuk mobil dari perusahaan asuransi sinarmas yang didaftarkan pada mobil A miliknya. Untuk klaim asuransi TLO, Mobil A mengalami kecelakaan yang cukup parah hingga perbaikan yang diperlukan diperkirakan memakan biaya senilai Rp. 150 juta. Padahal pada saat mengalami kecelakaan, mobil ditaksir bernilai Rp. 200 juta.

Banyaknya perbaikan yang diperlukan mobil membuat mobil berada dalam tingkat kerusakan diatas 75% sehingga kerusakan tersebut akan ditanggung oleh asuransi TLO.

Yang perlu Anda ketahui, ketika memilih asuransi TLO maka apabila ada kerusakan minor pada mobil yang diasuransikan dimana kerusakan mobil kurang dari 75%, maka pihak asuransi tidak akan menanggung kerusakan yang terjadi. Mungkin ketika berkendara, ada pengemudi lain yang menabrak mobil dari belakang sehingga bemper mobil penyok, atau kasusnya mungkin ada yang mencongkel dan mengambil kaca spion maka Anda tidak dapat mengajukan klaim asuransi. Seluruh biaya perbaikan atau pergantian minor harus Anda tanggung sendiri.

Beda halnya dengan asuransi TLO, asuransi All risk/Comprehensive melindungi mobil yang diasuransikan lebih menyeluruh dari beragam kerusakan. Mulai kerusakan kecil, hingga kerusakan besar dan bahkan juga menanggung kehilangan mobil yang dicuri. Cakupan perlindungan asuransi all risk juga dapat Anda perluas untuk mendapatkan perlindungan lebih menyeluruh.

Perluasan asuransi all risk dapat menambahkan cakupan perlindungan mobil dari kemungkinan terkena bencana alam seperti banjir ataupun gempa, kerusakan mobil yang diakibatkan adanya kerusuhan atau aksi huru hara demo yang anarkis, hingga tanggung jawab pihak ketiga dimana mungkin Anda dengan alasan tertentu menjadi penyebab kecelakaan yang mengakibatkan pengendara lain terluka dan perluasan cakupan lainnya. Perusahaan-perusahaan asuransi ternama seperti sinarmas, adira, atau mag adalah beberapa jajaran perusahaan asuransi dengan perluasan premi asuransi yang lengkap.

Sesuai dengan peraturan OJK, tarif premi asuransi mobil murni dan perluasannya dibedakan sesuai dengna wilayah masing-masing, sehingga harga premi yang ditawarkan tidak boleh melebihi batas atas dan batas bawah yang ditentukan.

Jika Anda tinggal di daerah rawan bencana seperti banjir, tentu memperluas asuransi yang menjamin kendaraan yang rusak karena banjir adalah suatu hal yang pasti menguntungkan bagi Anda. Contoh kasus yang mengajukan klaim asuransi all risk adalah, adanya kerusakan pada logo mobil Marcedes Benz akibat perbuatan oknum tidak bertanggung jawab. Pihak asuransi tentu akan melakukan pergantian akan kerugian partial yang dialami tersebut.

Jika Anda memilih jenis asuransi all risk sebagai asuransi mobil Anda, maka Anda harus lebih mencermati cakupan apa saja yang dicover oleh pihak asuransi dan cakupan apa saja yang perlu Anda perluas. Pasalnya melakukan perluasan cakupan asuransi akan menambah biaya premi asuransi. ketika Anda tidak melakukan perluasan cakupan asuransi, maka untuk sebagian kerusakan yang tidak disebabkan oleh kecelakaan tetap tidak akan ditanggung pihak asuransi meski asuransi yang Anda pilih adalah asuransi all risk.

Besarnya premi asuransi juga dipengaruhi oleh usia mobil

Jenis asuransi all risk lebih banyak ditujukan untuk mobil yang masih baru hingga mobil yang berumur 10 tahun. Sedangkan untuk asuransi TLO, lebih banyak ditujukan untuk mobil-mobi yang sudah cukup berumur, seperti mobil yang berumur lebih dari 15 tahun.

Besarnya premi asuransi juga berbeda-beda berdasarkan ketentuan perusahaan penyedia asuransi. Nilai persentase premi yang ditentukan akan dihitung berdasarkan harga mobil yang diasuransikan. Cermati beragam produk asuransi dan bandingkan kelebihan-kelebihan dari beragam produk asuransi tersebut. Pilihlah produk asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhan dan dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda.


(Adv)

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Merdeka Finansial dengan Gaji Rp 3 Juta
Artikel Selanjutnya
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Mobil Pertama