Sukses

Terendam Air, Skutik Listrik Viar Tetap Aman

Pembuktian Viar Q1 direndam air. Apakah aman?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu keraguan masyarakat terkait dengan kendaraan listrik, baik motor ataupun mobil, adalah keandalannya menerjang air. Banyak yang berpikir kalau bersumber tenaga listrik pasti berbahaya karena berpotensi kesetrum.

Hal ini juga yang membayangi motor listrik baru dari PT Triangle Motorindo (TM), produsen motor Viar bernama Q1, yang baru saja diluncurkan Selasa (6/6) kemarin.

Untuk menjawab itu, dalam acara peluncuran yang dihelat di bilangan Jakarta, Viar mendemonstrasikan hal unik. Satu unit Q1 direndam dengan air setinggi setengah ban. Semua yang datang dapat melihatnya dengan jelas.

Tuas gas motor dibuka menggunakan kawat sehingga ban bisa berputar otomatis. Sepanjang acara, motor ini didiamkan begitu saja, kira-kira tiga sampai empat jam.

Hasilnya, motor tidak mengalami kendala apapun. Ban terus melaju sampai acara selesai.

Joerg Kretzmar, President and Head of Business Unit e-Scooter, Bosch Automotive Products, mengatakan kalau motor listrik memang tahan air. Bosch sendiri adalah pemasok driving system untuk Q1.

"Motor listrik Bosch sudah memenuhi standar ketahanan IPx4 (baca: IP four) atau tahan air, punya ketahanan yang mumpuni," ujarnya.

Berikut video singkatnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.