Sukses

Ini Mobil Penjelajah Planet Mars Rancangan NASA

Nasa mengungkapkan Mars Rover Concept didesain sebagai kendaraan dua fungsi, untuk eksplorasi atau sebagai laboratorium bergerak.

Liputan6.com, USA Ajang Summer of Mars festival yang berlangsung di Kennedy Space Center menjadi kesempatan bagi Parker Brothers Concept untuk memperkenalkan Mars Rover Concept. Mars Rover Concept merupakan mobil penjelajah ruang angkasa yang suatu saat nanti akan ditugaskan ke planet Mars. 

Mobil ini dikembangkan bersama dengan insinyur NASA (National Aeronautics and Space Administration ). Hasilnya? Mobil ini memiliki ukuran ekstra besar, berbobot 2,7 ton, tinggi 3,3 meter, dan sanggup menampung 4 orang.

Bentuknya yang extreme dan tangguh diperuntukkan untuk mengarungi kerasnya medan di Mars. Mars Rover Concept mengadopsi suspensi khusus dengan velg ekstra besar berukuran 50 inci yang didesain khusus untuk mengarungi gurun pasir di Mars. Ban tersebut didesain tidak membutuhkan udara, untuk mengurangi resiko saat eksplorasi di di Ruang Angkasa.

Dikutip dari Carscoops, Rabu (7/6/2017), Nasa mengungkapkan Mars Rover Concept didesain sebagai kendaraan dua fungsi, untuk eksplorasi atau sebagai laboratorium bergerak untuk riset.

Mars Rover Concept mengadopsi baterai 700 volt dengan Solar Panel sebagai sumber pengisian daya. Nasa mengklaim kecepatan maksimumnya adalah 112 km/jam di Bumi, saat di planet Mars kecepatannya diperkirakan 24 km/jam.

Uniknya, jika kendaraan ini nanti akan digunakan di Mars, Mars Rover Concept harus dipecah saat pengiriman ke Mars, lalu dirakit kembali setelah sampai di Mars. Tentu ini akan menjadi tantangan baru bagi para astronot, dan juga para insinyur yang akan menyempurnakan Mars Rover Concept.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.