Sukses

Tahun Depan, Honda Rilis Dua Mobil Listrik

Honda akan meluncurkan dua mobil listrik baru tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Honda akan meluncurkan dua mobil listrik baru pada tahun depan. Disebutkan, satu model khusus untuk pasar Tiongkok, satu lagi sebagai model global.

Honda sebetulnya telah memimpin dalam pengembangan mobil berbahan bakar alternatif lain, hidrogen, dengan model bernama Clarity. Namun begitu mereka merasa belum cukup, dan memutuskan untuk juga fokus ke kendaraan full listrik.

Dilaporkan Autocar UK, pengembangan ini berkaitan dengan semakin banyak negara yang mengadopsi regulasi otomotif yang ramah lingkungan, termasuk Tiongkok yang pangsa pasarnya sangat besar.

Untuk mempercepat proyek ini, CEO Honda, Takahiro Hachigo, telah memerintahkan pembentukan Electric Vehicle Development Division pada Oktober 2016. Diharapkan dengan divisi ini dua mobil listrik tersebut bakal meluncur tepat waktu.

Sayangnya memang sejauh ini dua mobil listrik tersebut belum diketahui dengan jelas. Namun Hachigo menggaris bawahi kalau nanti mobil ini punya "Baterai yang ringan dan padat", serta memiliki "pengelolaan panas terpadu".

Menurut sumber yang sama, dikatakan kalau mobil listrik baru dari Honda ini bakal terungkap di pameran yang digelar di Frankfurt, Jerman, September ini.

Hachigo juga mengatakan kalau selain produk baru, mereka juga sedang meriset sistem pengisian daya berkecepatan tinggi baru. Dikatakan, tiap isi ulang 15 menit saja, mobil listrik dapat melaju sampai 150 mil atau setara 241 km.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Honda