Sukses

Performa Bisnis Mobil ASEAN Capai Titik Terendah

Penjualan dan produksi mobil di Asia Tenggara mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil di Asia Tenggara mengalami penurunan. Data baru menunjukkan kalau pada April lalu mobil baru di kawasan ini tumbuh, namun dengan angka paling rendah dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Melansir Asia Nikkei, Kamis (8/6/2017), penjualan mobil naik empat persen pada April. Padahal pada Februari dan Maret angka pertumbuhannya mencapai dua digit.

ASEAN Automotive Federation, organisasi payung yang terdiri dari 10 asosiasi otomotif seluruh anggota ASEAN, bahkan mencatat penurunan produksi 0,4 persen pada Maret di enam negara penghasil mobil, termasuk Indonesia.

Padahal, sekali lagi, bulan-bulan sebelumnya capaian produksi cukup baik. Pada Januari misalnya, produksi tumbuh empat persen, sementara Februari naik 6 persen.

Penurunan produksi terjadi di tiga produsen utama, Thailand, Indonesia, dan Malaysia. Dengan begitu, meski performa produksi pada April belum dihitung, namun dapat dipastikan angkanya juga bakal negatif.

Bahkan diprediksi penurunannya lebih besar dibanding Maret. Pasalnya, di Thailand penurunan produksi telah diketahui mencapai 13 persen.

Prospek produsen mobil di wilayah ini, tulis sumber, bakal sangat bergantung pada apakah penjualan pada Mei lalu naik atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.