Sukses

Honda Umumkan Mobil Otonom Level 4

Honda menargetkan untuk menjual mobil otonomos level empat pada 2025.

Liputan6.com, Tokyo - Honda menargetkan untuk menjual mobil otonomos level empat pada 2025. Pengumumannya diberikan manajemen perusahaan, baru-baru ini.

"Kami akan berusaha mencapai pembentukan teknologi pengemudi otomatis Level 4 untuk penggunaan mobil pribadi sekitar 2025," ujar Takahiro Hachigo, Presiden dan CEO Honda, dikutip dari Auto Express, Jumat (9/6/2017).

Mobil otonomos ada beberapa tingkatan, dan level empat adalah tingkatan terakhir sebelum ia benar-benar swakemudi, dalam arti tidak membutuhkan pengendara sama sekali untuk bisa berjalan lancar dan selamat sampai tujuan.

Untuk sampai ke tingkatan ini, Honda akan terlebih dulu mengembangkan Artificial Intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. AI nantinya bakal disematkan pada mobil.

Dialah yang dapat memprediksi pergerakan objek lain serta "memutuskan" apa yang harus dilakukan mobil seperti menghindar atau mengerem.

Dalam hal mengembangkan AI ini, beberapa merek Jepang telah sepakat untuk bekerja sama. Dengan begitu, Honda tidak akan bekerja sendiri, begitu juga dengan yang lain.

Sebelumnya Honda mengatakan kalau pada 2020 nanti, mereka bakal meluncurkan mobil otonomos tingkat tiga. Pada tingkat ini, mobil masih harus "diintervensi" pengendara, namun sudah bisa bereaksi secara otomatis pada keadaan tertentu.

Sudah ada beberapa prototipe mobil otonomos tingkat tiga di fasilitas riset di Tochigi, Jepang. Sementara tingkat empat, prototipenya belum ada sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.