Sukses

Solusi Otomotif: Lampu Depan Motor Redup dan Sering Putus

Saya punya motor Honda Supra x125 tahun 2009, kenapa lampu utama motor saya terlalu redup? Jadi susah buat berkendara di malam hari. Apa ada masalah di sistem kelistrikannya? Pernah saya ganti lampu yg agak terang, namun malah putus dan harus ganti lampu yang baru lagi.

--Adi-- Desa Jatirejo, Sleman, Yogyakarta

 

Liputan6.com, Jakarta-

Dear Adi,

1. Kenapa lampu utama motor saya terlalu redup?
Nyala lampu utama redup mengindikasikan adanya gangguan di sistem kelistrikan, di beberapa komponen yang dapat mempengaruhi sistem kelistrikan pada sepeda motor adalah: stator comp/spull, Rectifier Regulator/kiprok , wire harness/kabel body dan juga baterai /accu.

2. Penyebab lampu baru putus?
Silahkan lakukan langkah - langkah pemeriksaan pada komponen part tersebut untuk memastikan kondisinya apakah berfungsi baik atau tidak. Berikut ini adalah langkah demi langkahnya :

1.Periksa Stator comp/spull dengan mengukur nilai tahanan dengan menggunakan Avometer. Jika hasil pengukuran pada kabel warna kuning dengan hijau ( 0,02 ohm -0,05 ohm ) dan pengukuran pada kabel warna putih dan hijau ( 0,02 ohm – 0,05 ohm) maka bisa dipastikan kondisi stator comp/spull masih berfungsi baik. Jika hasil pengukuran nilai tahanan di luar range tersebut berarti spull bermasalah.

2.Periksa Rectifier Regulator /kiprok dengan mengukur nilai tegangan yang ada di dalam kiprok dalam kondisi motor menyala . Jika didapat hasil tegangan antara 12 volt -14 volt bisa dipastikan kondisi kiprok normal . Dan jika nilai tegangan yang di dapat di bawah 12 volt maka bisa di pastikan kiprok-nya bermasalah

3.Periksa Kabel body terhadap terjadinya korsleting, yang akan berdampak pada kabel-kabel akan menjadi melepuh.

4. Periksa apakah baterai terpasang atau tidak pada sepeda motor. Karena Jika tidak terpasang maka tegangan yang berasal dari kiprok naik turun secara signifikan sehingga akan mempengaruhi umur lampu depan.

Demikian informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.


Salam,


Venus Adha

 

 

Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF

Nama :

Usia:

Lokasi :

Pertanyaan :

Nomor Telepon :

Alamat Lengkap :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

 

Artikel Selanjutnya
Nissan Note e-Power, Mobil Listrik yang 'Pakai' Mesin Bensin
Artikel Selanjutnya
Keren, Motor Listrik Klasik Ini Berbodi Kayu