Sukses

GP Catalunya Pakai Layout Trek F1

Sisa akhir pekan MotoGP nanti, trek di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, akan menggunakan layout Formula 1.

Liputan6.com, Catalunya - Ada hal menarik dari MotoGP Catalunya 2017, yang mulai dihelat Jumat (9/5) kemarin. Sisa akhir pekan nanti, trek di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, akan menggunakan layout Formula 1.

Melansir motorsport.com, keputusan ini bermula ketika banyak pembalap yang mengeluhkan soal chicane baru pada sesi latihan bebas pertama, Jumat kemarin.

Chicane sendiri adalah istilah untuk dua tikungan yang berdekatan dan arahnya berlawanan, kiri-kanan atau sebaliknya, yang bentuknya menyerupai kurva huruf S.

Chicane di Tikungan 14 dan 15 dianggap berbahaya oleh sejumlah pembalap. Salah satu pembalap yang mengkritiknya adalah Maverick Vinales.

Alhasil, sisa akhir pekan MotoGP Catalunya nanti tidak akan pakai chicane ini. Konsekuensinya, layout yang dipakai MotoGP bakal sama dengan yang diterapkan pada balapan Formula 1 sejak 2007 lalu. Layout ini panjangnya 4,6 km.

Keputusan ini sendiri diambil dengan musyawarah dalam forum Komisi Keselamatan, di Mugello, Italia.

Untuk diketahui, layout sirkuit untuk balapan MotoGP telah diubah beberapa kali. Pertama, pada pertengahan musim lalu. Layout diganti usai kecelakaan fatal menimpa pembalap Moto2, Luis Salom.

Namun usia layout itu hanya sementara. Dinding pembatas justru dianggap terlalu dekat ketika mendekati Tikungan 14. Pengelola sirkuit pun membangun chicane baru lagi. Chicane baru ini lah yang kemudian dikritik juga, dan akhirnya dihapus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.