Sukses

Bedah Wuling Confero Termahal Dengan Toyota Avanza Termurah

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Motors untuk pertama kalinya memamerkan MPV perdana mereka, Confero, di ajang Jakarta Fair 2017. Kejutan pun langsung ditawarkan berupa harga yang cukup menggugah.

Bayangkan saja, harga termahal Wuling Confero atau Confero S 1.5 L Lux ++ dijual dengan banderol Rp 165 juta. Harga ini jauh di bawah harga Toyota Avanza yang disebut sebagai kompetitor utama.

Menurut situs resmi Auto2000, harga termurah Toyota Avanza saat ini adalah tipe 1.3 E yang dijual seharga Rp 187 jutaan. Sedangkan termahalnya untuk tipe 1.3 G A/T Rp 218,5 juta, dan tipe 1.5 G M/T Rp 220,1 juta.

Sebelumnya, Wuling Motors memberikan kesempatan kepada sejumlah awak media untuk merasakan first impression dari Confero S yang awalnya disebut sebagai varian tertinggi. Confero S sendiri memiliki dua pilihan lain yaitu Confero S 1.5 C yang dijual Rp 150 juta, serta Confero S 1.5 L Lux ++ dilepas Rp 165 juta.

Kendati demikian, salah satu dari Confero S itu dipastikan memiliki segudang keunggulan dan juga fitur-fitur menarik yang tak bisa didapat dari model mobil-mobil lain di sekelasnya.

Secara kasat mata, Confero S yang memiliki dimensi, panjang 4.530mm, tinggi 1.730mm, dan lebar 1.600mm, telah dilengkapi headlamp projector, foglamp depan, daytime running light (DRL), dan rear LED foglamp.

Kabin mobil ini tersedia dalam dua pilihan tempat duduk 7-seaters dan 8-seaters, kemudian bagasi berkapasitas 250 liter. Bagian baris kedua juga memiliki model captain seat. Confero S dilengkapi USB Socket di semua baris kursi penumpang, kemudian levelling headlamp, dan tutup tangki elektrik.

Material jok cukup bagus, demikian juga dengan jahitannya yang rapih dan tebal. Sistem hiburan mobil ini tak kalah menarik, menggunakan layar berukuran delapan inci, dimana untuk pengaturannya bisa menggunakan tombol pada roda kemudi, termasuk call button.

Dari segi keselamatan, Confera S dilengkapi pemantau tekanan udara ban atau tire pressure monitoring system (TPMS) yang ditampilkan pada MID.

Mobil ini telah dilengkapi sistem pengereman ABS+EBD, sensor parkir dua kamera di depan dan empat kamera di belakang. Confero S juga dilengkapi isofix pada kursi baris kedua, kemudian auto doorlock by speed, auto unlock collision, dan dual SRS airbag.

Sedangkan untuk jantung pacu, meski harga lebih murah dari Toyota Avanza, namun Wuling Confero telah dibekali mesin P-TEC DVVT DOHC MPI 1.485cc, yang melontarkan daya 105 Tk pada 5.800rpm.

Sebagai perbandingan, Avanza 1.3 E M/T mengadopsi mesin 4-silinder dual VVT-i berkapasitas 1.329cc yang menghasilkan tenaga 95 Tk pada 6.000 rpm.

1 dari 2 halaman

Next

Lantas bagaimana dengan Toyota Avanza?

Jika harga Wuling Confero S termahal Rp 165 juta, maka harga tersebut lebih murah dari harga Toyota Avanza yang juga paling bawah, yaitu tipe 1.3 E seharga Rp 187,2 juta.

Avanza tipe 1.3 E sendiri rupanya tidak dilengkapi lampu kabut atau fog lamp. Jika varian Avanza 1.3 G hadir kaca spion dengan warna serupa bodi ditambah fitur pengaturan elektrik dan turn signal lamp, maka tipe 1.3 E tidak memiliki fitur turn signal lamp

Masuk ke dalam kabin, Avanza tipe 1.3 E dan tipe 1.3 G bedanya hanya kombinasi warna pada interior baik itu dashboard maupun dinding mobil.

Sistem hiburan pada Avanza Tipe E telah menggunakan 2 DIN CD AM/FM AUX dilengkapi dengan fitur iPod ready tapi tanpa bluetooth.

Avanza tipe 1.3 E juga cukup luas, baris ke-2 dan ke-3 mampu menampung tiga penumpang. Untuk bangku baris ke-2 dilengkapi dengan fitur sliding dan one touch folding sementara untuk bangku baris ke-3 dilengkapi fitur folding dan reclining

Semua tipe Avanza dilengkapi dengan fitur power window auto up dan down dengan tambahan jam protection khusus untuk sisi pengemudi saja. 

Soal keamanan kendaraan Avanza sudah dilengkapi dengan Immobilizer, namun untuk tipe 1.3 E tidak memiliki fitur tersebut. Kabar baiknya, fitur semua mobil Avanza dilengkapi Side Impact Beam yang diperkuat dengan penambahan baja. 

Untuk melindungi dari benturan samping semua tipe Grand New Avanza dilengkapi dengan fitur Side Impact Beam dimana pada rangka samping diperkuat dengan penambahan baja. 

Dan berikut daftar harga Toyota Avanza, 1.3 tipe G M/T Basic Rp 202,5 juta, 1.3 tipe G M/T Rp 207,8 juta, 1.3 tipe G A/T Rp 218,5 juta, 1.3 tipe E STD A/T Rp 198,4 juta, 1.3 tipe E STD M/T Rp 187,2 juta, 1.3 tipe E M/T Rp 189,7 juta, 1.3 tipe E A/T Rp 200,9 juta, dan mesin 1.5 tipe G M/T Rp 220,1 juta.

Artikel Selanjutnya
BMW Seri 4 Baru Meluncur di Indonesia
Artikel Selanjutnya
5 Mobil Listrik Penebus Dosa Volkswagen