Sukses

Iwan Fals: Mudik Jangan Ikuti Nafsu

Liputan6.com, Depok - Musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals, mengingatkan para pemudik untuk tetap bisa berpikir rasional sebelum melakukan perjalanan.

Iwan mengatakan kalau sebaik-baiknya mudik adalah yang tidak mengikuti nafsu. Maksudnya, kadang pemudik memang keburu nafsu, sehingga menabrak semua aturan demi bisa bergabung bersama keluarga di Hari Raya.

"Saran saya sih jangan ikutin nafsu. Ikutin hukum saja. Kalau (ada yang) dilarang, ya jangan dilakukan," ujar Iwan selepas konser "Panggung Kita" yang dihelat di kediamannya di Depok, Sabtu (10/6/2017).

"Rindu memang rindu. Tapi kan kasihan juga kalau (mudik langgar aturan) seperti itu. Harus lebih tenang. Sabar. Kan tiap tahun ada mudik," sambungnya.

Iwan mengatakan hal tersebut berdasarkan pengamatannya selama bertahun-tahun. Sepanjang pengamatannya itu, pelanggaran banyak dilakukan terutama oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Ada yang misalnya mengangkut beban berlebih. Ada pula yang memaksakan diri membawa lima orang sekaligus. Karenanya ia lebih merekomendasikan menggunakan moda transportasi lain. Apalagi, saat ini jasa antar motor sudah banyak.

"Kan motor sekarang sudah bisa naik ke kereta api. Pakai saja (fasilitas) itu," sambungnya.

Iwan Fals sendiri tidak mudik. Kalaupun bisa disebut mudik, biasanya di hari raya Iwan berkumpul bersama keluarga di Tebet, Jakarta. "Kalau saya justru mudik sepi. Jalan tol lengang, tidak ada macet," tutupnya sambil tertawa.

Artikel Selanjutnya
Djarot Imbau Pegawai Dinkes Rajin Jalan-Jalan, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Djarot: Jangan Takut Teror, Jakarta Beda dengan Marawi