Sukses

Cuci Mobil ala Nissan Bisa Hemat Jutaan Liter Air

Liputan6.com, Delhi - Nissan di India berhasil menghemat 6,1 juta liter air selama tiga tahun terakhir berkat teknik pencucian mobil yang inovatif.

Dilaporkan Automotive World, di seluruh service center di India, mereka menerapkan teknik Foam Wash untuk coci mobil pelanggan. Cuci mobil sendiri adalah salah satu layanan utama kepada pelanggan.

Pencucian mobil tradisional umumnya membutuhkan sekira 160 liter air. Sementara Foam Wash, yang diperkenalkan pada 2014 lalu, hanya memakai 90 liter air, atau lebih sedikit sampai 45 persen.

Dampaknya cukup signifikan. 6,1 juta liter air itu setara dengan konsumsi air sekira 25 ribu rumah tangga India untuk satu hari.

Bagi Nissan sendiri, layanan ini sebetulnya jadi bukti kalau mereka ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen, termasuk pengguna Datsun.

"Menggunakan teknik mencuci busa untuk mobil pelanggan menghemat waktu dan sejumlah besar air. Itu kombinasi yang bagus untuk pelanggan Nissan-Datsun, dan bagi lingkungan," terang Sanjeev Aggarwal, vice president, After Sales of Nissan Motor India Pvt. Ltd.

Sayangnya dalam rilis tidak disebutkan secara detail bagaimana teknik cuci mobil ini. Namun berdasarkan salah satu video di Youtube, sebetulnya tekniknya tidak jauh beda dengan cuci mobil dengan mesin. Waktu pembersihannya pun hanya lima menitan.

 

 

Simak video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Motor Roda Tiga Listrik, Cocok buat Emak-Emak Keliling Komplek
Artikel Selanjutnya
Mobil Listrik Nissan e-Power Masih Punya Emisi Gas Buang