Sukses

Kencan Singkat Bareng Honda Civic Hatchback Turbo

Liputan6.com, Jakarta - Setelah meluncurkan Honda Civic hatchback turbo beberapa waktu lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM), akhirnya memberikan kesempatan kepada sejumlah media otomotif nasional untuk menjajal mobil berbanderol Rp 399 juta dan Rp 438 juta ini.

Test drive Honda Civic hatchback turbo ini dilakukan malam hari setelah berbuka puasa, Selasa (13/6/2017), dengan berkeliling daerah Senayan, dimulai dari Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat, dengan kondisi lalu lintas yang cukup padat.

Sebelum menjajal performa hatchback baru pabrikan berlambang huruf 'H' ini, Liputan6.com berkesempatan menjadi penumpang depan, dan duduk di bangku unit uji Honda Civic hatchback tipe S, sebagai varian tertinggi.

Hal pertama yang dirasakan, bangku penumpang depan cukup nyaman bagi penumpang dengan  tinggi badan 180-an cm, dengan bangku yang bisa diatur secara elektrik tinggi-rendah-nya. 



Setiba di Komplek Gelora Bung Karno, tiba giliran Liputan6.com menjajal Honda Civic hatchback turbo sebagai pengemudi. Masuk ke dalam kabin, hal yang dirasakan kabin Honda Civic hatchback turbo ini cukup mewah dan elegan, dengan balutan warna hitam.

1 dari 3 halaman

Next

Hatchback Rasa Sedan

Kesan pertama duduk di bangku pengemudi Honda Civic hatchback turbo, yah seperti duduk di sebuah mobil sedan. Posisi berkendara rendah, jok yang bisa diatur secara elektrik dengan delapan pengaturan, dan setir bisa diatur maju, mundur, naik, dan turun agar posisi berkendara lebih nyaman.

Untuk menyalakan Honda Civic hatchback turbo ini, tinggal menekan tombol start-stop di kanan pengemudi. Tapi, mobil ini juga bisa memanfaatkan fitur remote engine start untuk menyalakan mobil dan AC dari luar, dan fitur ini sangat membantu ketika mobil diparkir di area terik matahari, dan berniat untuk menurunkan suhu di dalam kabin sebelum menaiki mobil.

Honda Civic hatchback turbo ini menurut Liputan6.com memiliki pandangan yang luas, karena memiliki kaca depan yang cukup lebar. Pilar A mobil ini tidak terlalu menghalangi pandangan pengemudi, dan tidak terlalu banyak menciptakan blind spot saat berkendara.

Sementara itu, setir mobil Honda Civic hatchback turbo ini sudah dilengkapi steering switch control untuk pengaturan audio, dan hands-free telephone switch yang memungkinkan pengemudi menerima panggilan telepon tanpa melepas setir, serta terdapat juga pengaturan cruise control di batang kemudi.

Untuk sistem hiburannya, mobil ini dilengkapi dengan sistem audio layar sentuh tujuh inci, sistem wireless mirroring untuk smartphone android dan iOS, dan didukung sistem HDMI, serta sudah dilengkapi USB dan AUX.

Sistem audio di Honda Civic hatchback turbo ini juga cukup jernih, dengan speaker dan penambahan tweeter speaker.

2 dari 3 halaman

Next

Gigitan Mesin Turbo

Sebenarnya, hal yang paling menarik dari generasi ke-10 Honda Civic hatchback ini adalah performa mesin berkapasitas 1,5 liter VTEC Turbo. Mesin ini menggantikan unit sebelumnya, 1,8 liter naturally aspirated.

Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai  173 Tk pada 5.500 rpm, dan torsi 219,6 Nm pada 5.500 rpm. Honda mengklaim tenaga ini jadi yang terbesar di kelasnya.

Namun, saat sesi test drive ini sebenarnya kurang maksimal, karena dilakukan pada malam hari dengan kondisi lalu lintas yang macet. Tapi, akselerasi turbo mobil ini sempat Liputan6.com rasakan ketika memasuki Komplek Gelora Bung karno, Senayan, Jakarta Pusat, dengan kondisi jalan yang cukup sepi.

Saat pedal gas dibejek, tenaga mesin turbo ini sudah bisa dirasakan pada rpm 3.000 sampai 3.500, dan untuk ukuran berkendara di perkotaan, mobil ini sudah sangat layak untuk melewati kondisi jalan, atau hanya sekedar menyalip kendaraan lain.

Begitu juga dengan handlingnya, dengan tambahan fitur dual pinion electric power steering (EPS). Untuk performa yang lebih sporty, mobil ini juga dilengkapi paddle shift untuk memberikan kesan racing dan mengatur perpindahan transmisi layaknya transmisi manual melalui sentuhan jari.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?