Sukses

Tri Siap, Tips Dirjen Hubdar Demi Mudik Selamat, Aman dan Lancar

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengimbau pemudik memperhatikan beberapa hal.

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi arus mudik bakal kembali bergulir. Pengelola transportasi sibuk menyiapkan infrastruktur pendukung, seperti jalan, marka, dan lain-lain. Tak terkecuali Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Melalui saluran YouTube Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Republik Indonesia, Pudji Hartanto, Dirjen Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), mengimbau semua pemudik, terutama yang memakai kendaraan pribadi, untuk memperhatikan beberapa hal yang dirangkum dengan nama "Tri Siap".

"Dalam rangka mudik Lebaran 2017 mengimbau kepada para pemudik menggunakan kendaraan pribadi untuk mentaati "Tri Siap. Siap yang pertama adalah siap menaati peraturan lalu lintas, kedua siap kondisi pengemudi, dan ketiga adalah siap kondisi kendaraannya," tutur Pudji, dikutip Kamis (15/6/2017).

Diharapkan dengan memperhatikan tiga unsur ini, pemudik dapat selamat sampai tujuan.

Sementara bagi pemudik yang pakai angkutan umum, Pudji juga megimbau tiga hal. Pertama, selalu pilih kendaraan yang layak jalan; kedua berani menegur sopir yang melanggar aturan, misalnya batas kecepatan atau membahayakan penumpang; dan terakhir jangan gunakan perhiasan berlebihan.

"Mari kita wujudkan mudik Lebaran dengan selamat di asal, selamat di perjalanan, selamat di tujuan," demikian pesan terakhir dalam video itu. 

 

Saksikan Video Menarik Lainnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.