Sukses

Yamaha Raih 500 Kemenangan Grand Prix Racing Bersejarah

Liputan6.com, Jakarta Yamaha Factory Racing Team dikenal sebagai salah satu tim paling sukses di balapan Grand Prix dan kian mempertegas reputasinya. Maverick Vinales telah melakukan balapan yang brilian di sirkuit balap Le Mans Bugatti Grand Prix di Prancis 2017, dan memastikan kemenangan Grand Prix ke-500 untuk Yamaha.

Federation Internationale de Motocyclisme (FIM / Federasi Balap Motor Internasional) telah mengumumkan secara resmi bahwa, menurut catatan statistik, Yamaha telah merayakan kemenangan dalam 125cc (47 kemenangan), 250cc (165 kemenangan), 350cc (63 menang), 500cc (120 menang) dan kelas MotoGP (105 menang), berkontribusi pada total 500 kemenangan Grand Prix yang sensasional.

Dari semua pembalap Yamaha, pembalap MotoGP Valentino Rossi, adalah yang paling berprestasi. Kisah cintanya dengan YZR-M1 telah berjalan kuat selama bertahun-tahun dan menghasilkan 55 kemenangan sampai saat ini. Rekan setimnya Vinales baru saja berkompetisi sebagai bagian dari tim Movistar Yamaha MotoGP untuk lima balapan, namun dia telah mencapai 60% kemenangan yang mengesankan di Yamaha, berkat kemenangannya di Qatar, Argentina dan Prancis.

Bintang Grand Prix lain yang menorehkan namanya dalam daftar pemenang Yamaha adalah Jorge Lorenzo (44 menang), Phil Read (39 menang), Eddie Lawson (26 menang), Wayne Rainey (24 menang), Kenny Roberts Sr. (24 menang) Bill Ivy (21 menang), Carlos Lavado (19 menang), Luca Cadalora (13 menang), Giacomo Agostini (12 menang) dan masih banyak lagi.

Untuk memberikan gambaran tentang besarnya upaya yang dilakukan oleh semua pembalap Grand Prix, Yamaha telah membuat micro website www.yamahamotogp.com/500-victories, yang menampilkan video kemenangan spesial 500, sebuah infograf, beberapa di antaranya foto sejarah terbaik balap 56 tahun Grand Prix Yamaha, serta gambaran umum dari semua kemenangan, pembalap dan motor yang membuat pencapaian besar ini terwujud.

Hiroyuki Yanagi, Yamaha Motor Co, Ltd President mengatakan setelah meraih 500 kemenangan di Kejuaraan Dunia, dirinya sangat menghargai kelanjutan dukungan untuk kegiatan balap kami dan ingin mengucapkan terima kasih kepada konsumen, sponsor, supplier, dan penggemar Yamaha di seluruh dunia.

"Pada tahun 1955, sejak awal perusahaan berdiri, Yamaha selalu berkomitmen untuk balapan dan kami menghadapi tantangan baru Kejuaraan Dunia Grand Prix pada tahun 1961.  Karyawan “perusahaan muda” tersebut berbagi keyakinan pendiri Yamaha "Ini bukan produk jika bukan kelas dunia", ujar Hiroyuki Yanagi.

Motor pertama melakukan debutnya di panggung Grand Prix dunia hanya enam tahun setelah berdirinya Yamaha. Fumio Ito (kelas 250cc) membawa kemenangan pertama di Grand Prix Belgia (Spa-Francorchamps) pada tahun 1963, langkah pertama Yamaha menuju tonggak kemenangan 500 kemenangan.

"Selama setengah abad kami telah berkompetisi di kelas utama dengan nama Yamaha Factory Racing, kami memberikan penghormatan kepada semua pembalap kami, yang berjuang dan yang masih memperjuangkan kemenangan, mitra kami serta penyelenggara, yang terlibat dalam balap, dan juga para engineer Yamaha yang sangat terampil," jelasnya.

"Kami melihat tonggak ini sebagai titik awal untuk mengejar kemenangan lebih lanjut dan dengan tekun melanjutkan pengembangan. Sebagai perusahaan pembuat Kando *, kami berupaya untuk mewujudkan "Revs Your Heart". Saya meminta kelanjutan komitmen serta dukungan Anda dalam usaha ini." tambahnya.

Valentino Rossi, Movistar Yamaha MotoGP Rider mengungkapkan bahwa merupakan kehormatan besar bagi dirinya yang menjadi top skorer dalam meraih prestasi 500 kemenangan Grand Prix.

"Saya telah menyumbang 55 kemenangan dan saya sangat senang untuk ini. Saya ingat momen-momen ini dan sangat luar biasa untuk terus bisa mengendarai Yamaha setelah bertahun-tahun. Menjadi pembalap Yamaha selalu spesial, karena Anda tidak hanya mengendarai motor yang luar biasa, tapi juga Anda juga bagian dari tim spesial. Sayang sekali saya tidak berdiri di atas podium hari ini untuk merayakan kesempatan tersebut, namun saya masih memiliki beberapa balapan dengan Yamaha M1 dan saya berharap dapat meningkatkan jumlah kemenangan saya lebih jauh," ujarnya.

Sementara itu bagi Maverick Vinales, pembalap baru Movistar Yamaha mengatakan bahwa kemenangan ke-500 Grand Prix untuk Yamaha sangat bagus dan bersejarah.

"Kami melakukan pekerjaan luar biasa (di GP Prancis) dan menjadi bagian peristiwa bersejarah seperti ini selalu sangat bagus terlebih saat mengukirnya bersama Yamaha. Saya sungguh bangga dan sangat senang menjadi bagian dari keluarga Yamaha," ujar Vinales.

*Kando adalah kata Jepang untuk perasaan simultan kepuasan mendalam dan kegembiraan hebat yang kita alami saat kita menemukan sesuatu yang bernilai luar biasa.

 

 

(Adv)

 

Artikel Selanjutnya
Kualifikasi MotoGP Inggris: Marquez Asapi Rossi
Artikel Selanjutnya
FP2 MotoGP Inggris: Crutchlow Tercepat, Rossi Mengintai