Sukses

Hati-Hati Tol Fungsional, Kondisi Jalan Terkikis dan Berdebu

“Tol fungsional Sewaka, Gandulan, Pemalang-Pekalongan sudah mulai terkikis sehingga berdebu dan kerikilnya mulai keliatan atau terkelupas,”

Liputan6.com, Batang - Bagi para pemudik yang hendak melewati jalur tol fungsional di beberapa wilayah di Jawa Tengah diwajibkan ekstra hati-hati. Pasalnya, jalur bebas hambatan tersebut cukup berdebu sehingga berbahaya karena mengganggu jarak pandang.

Salah satu jalur tol fungsional berdebu terjadi antara Pemalang-Pekalongan. Karena itu, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Bakharuddin Muhammadsyah menghimbau agar pemudik berhati-hati.

“Tol fungsional Sewaka, Gandulan, Pemalang-Pekalongan sudah mulai terkikis sehingga berdebu dan kerikilnya mulai keliatan atau terkelupas,” ungkap Bahkharuddin, Selasa (20/6/2017).

Bakharuddin meminta kepada Pelaksana Proyek Pemalang Batang Tol Road atau PBTR, untuk memperbaiki atau memberikan solusi agar jalan yang dilalui memiliki unsur keselamatan.

Sementara itu Direktur Utama PT Pemalang Batang Tol Road, Supriyono mengakui ruas jalan tol fungsional saat ini statusnya masih menjadi jalan darurat, yang secara teknik belum memenuhi persyaratan.

“Baik kerataan jalan, kemiringan arah horizontal dan memanjang. Sehingga dimohon mentaati rambu batas kecepatan,” ujar Supriyono kepada Liputan6.com.

Supriyono pun mengatakan, untuk mengurangi intensitas debu di sepanjang jalan jalur tol fungsional, timnya melakukan penyiraman jalan secara berkala.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.