Sukses

Potensi Kerusakan AC Mobil Waktu Lintasi Tol Fungsional

Liputan6.com, Karawang - Di momen mudik tahun ini banyak tol yang belum rampung 100 persen, atau yang disebut dengan tol fungsional, terpaksa harus digunakan. Pasalnya, kalau tidak begitu arus lalu lintas diprediksi kembali macet parah.

Masalahnya beberapa tol seperti ini kondisi jalan cukup berdebu dan berkerikil. Misalnya, tol fungsional antara Pemalang-Pekalongan. Selain mengganggu pandangan mata, jenis jalan seperti ini sebetulnya berpotensi merusak salah satu fungsi mobil, meski persentasenya kecil.

Robbit T, Teknisi Nissan di Nissan-Datsun Rest Point (NDRP) Rest Area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek, mengatakan kalau mobil yang dikendarai di jalanan seperti itu bisa menghantam kerikil, dan pada akhirnya membuat kerja AC tidak maksimal.

"Posisi kondensor kan di depan, kalau misal kena kerikil bisa bocor kalau sudah parah. Pengaruhnya ke AC, jadi indikasinya AC rusak tidak bisa dipakai," ujarnya beberapa waktu lalu.

Kondensor adalah salah satu komponen dalam sistem AC. Fungsinya adalah untuk membuang udara panas dari freon. Posisinya biasanya ada di depan radiator, tapi ada juga yang terpisah.

Secara sederhana, kondensor yang bocor akan mengganggu siklus pendinginan. Kondensor yang bocor dapat mengurangi jumlah freon pada sistem pendingin. Sementara freon, kita tahu bersama, berubah jadi uap dingin yang pada akhirnya dialiri oleh blower ke seluruh sudut kabin.

Namun sekali lagi perlu digarisbawahi, hal tersebut tidak mudah terjadi karena kondensor sendiri terlindungi body depan mobil. Dengan begitu, pemudik sebetulnya tidak perlu terlalu khawatir.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Cara Kemenhub Antisipasi Puncak Arus Balik Libur Idul Adha
Artikel Selanjutnya
BPTJ: Ganjil Genap Tol Cikampek Tunggu Evaluasi Menhub