Sukses

Piaggio Berencana Bawa Vespa Listrik ke Indonesia, Ikut Tren?

Liputan6.com, Jakarta - Tren sepeda motor listrik di Indonesia sudah mulai terlihat. Setelah Zero dan Gesits, dan yang paling baru tentunya Viar yang sudah secara resmi meluncurkan kendaraan listriknya, Q1.

Melihat hal tersebut, PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai agen pemegang merek (APM) Vespa di Tanah Air, sepertinya juga tertarik untuk bermain di segmen kendaraan ramah lingkungan ini. Pasalnya, pabrikan asal Italia ini juga memiliki satu model motor listrik, yaitu Elettrica yang sudah melakukan debutnya di ajang EICMA tahun lalu.

"Kita masih menggodoknya (kemungkinan membawa Vespa Elettrica ke Indonesia). Masih dalam pertimbangan, karena ke depannya akan ke arah sana juga," jelas Andre Sanyoto, Direktur Pemasaran PT PID, saat ditemui di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Lanjut Andre, jika benar nanti pihaknya meluncurkan motor listrik, tidak hanya sekedar meluncurkan, tapi juga secara infrastruktur lebih solid. "Kita lihat dulu, kan dari sisi PLN segala macam, dari sisi listrik ketersediaannya kita belum melihat itu," tegasnya.

Sebenarnya, perusahaan penyedia listrik negara ini sudah memiliki 479 unit Electric Vehicle Charging Station atau Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Namun, fasilitas pengisian listrik ini memang belum banyak diketahui masyarakat luas.

"Memang sudah ada SPLU, tapi kan dari sisi kualitas dan kuantitasnya, seberapa cepat distribusinya itu yang harus kita lihat juga. Jangan sampai nanti di Jabodetabek dulu, tapi area yang lain belum mantap," pungkasnya.

Artikel Selanjutnya
Dua Faktor Penentu Toyota Indonesia Bisa Ekspor ke Australia
Artikel Selanjutnya
Menanti Motor Trail 150 Cc Honda, Kapan Meluncur?