Sukses

Mau Mudik Aman dan Nyaman Perhatikan Prinsip 3 Siap

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto menghimbau, para pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor wajib selalu berhati-hati selama dalam perjalanan.

Pudji juga menyatakan, para pemudik khususnya pengendara mematuhi prinsip ‘3 Siap’.

“Siap pertama, kita mengemudi kendaraan bermotor harus sudah siap menaati peraturan lalu lintas. Persyaratan wajib adalah punya SIM. Bukan berarti punya SIM terus sembarangan mengemudinya,” ungkap Pudji saat ditemui di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Kamis (22/6/2017).

Siap kedua, pengemudi diharuskan memiliki kondisi raga yang sehat sehingga dapat mengendarai mobil maupun sepeda motor hingga sampai di tempat tujuan.

“Tadi pengemudi sudah saya tanya, mereka tidak ngantuk, kondisi sehat, dan betul-betul siap mengemudi,” ucapnya.

Sedangkan Siap ketiga yaitu mengenai kesiapan kondisi kendaraan.

Menurut dia, sebelum melakukan perjalanan mudik, kendaraan wajib dilakukan pemeriksaan. Agar mobil selalu prima, kata dia, setidaknya untuk mobil memenuhi anjuran perusahaan otomotif yaitu melakukan pemeriksaan enam bulan sekali, dan secara berkala.

“Ini adalah salah satu upaya kita mengurangi kecelakaan dan kesemrawutan lalu lintas. Kalau ini dilaksanakan, Insya Allah tidak hanya mudik, tapi berkendara di hari-hari lain itu dilaksanakan,” tutupnya.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.