Sukses

Negara Ini Pernah Gratiskan 120 Liter Bensin per Bulan ke Warga

Liputan6.com, Ashgabat - Kebijakan energi di tiap negara pasti berbeda-beda. Tapi tahukah, kalau ada satu negara yang pernah menerapkan kebijakan gratis 120 liter bensin tiap bulan ke warganya?

Negara itu adalah Turkmenistan, yang menurut laman Economist menempati posisi keempat sebagai negara dengan cadangan minyak terbanyak di dunia.

Pada 14 Agustus 2003, melalui keputusan Dewan Rakyat (Peoples' Council), ditetapkan bahwa pengendara mobil berhak mendapatkan 120 liter bensin gratis per bulan. Sementara pengendara bus, truk, dan traktor, bisa memperoleh 200 liter bensin gratis.

Sementara pengendara sepeda motor paling sedikit, hanya dapat 40 liter gratis saja.

Kebijakan ini sendiri diterapkan di masa presiden Gurbanguly Berdymukhamedov. Saat ini dirinya masih berkuasa.

Namun begitu, kebijakan ini sudah tidak lagi berlaku. Pemberian bensin gratis berakhir pada 1 Juli 2014. Ketika itu, sebagaimana dikutip dari dw.com, Berdymukhamedov mengatakan bahwa alasan penghentian adalah karena "pembangunan berkelanjutan" dan "penggunaan rasional" bahan bakar.

Sang presiden menganggap subsidi tersebut tidak membuat ekonomi berjalan dengan baik, juga membuat konsumsi bensin yang pada dasarnya merupakan sumber daya alam tidak terbarukan berlebihan.

Kabar terakhir, juga menurut dw.com, awal Juni lalu Berdymukhamedov kembali mempertanyakan pemberian subsidi. Kali ini subsidi listrik, gas, dan air.

Regulasi yang ada sekarang menyebut setiap warga berhak atas 35 kwh listrik, 50 meter kubik gas alam setiap bulan, dan 250 liter air putih per hari.

 

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.