Sukses

Mobil Barack Obama Sebelum Jadi Presiden Tak Laku Dijual

Barack Obama pernah memiliki mobil sedan Chrysler 300C.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama dikenal karena menjadi salah satu kepala negara gaul yang rendah hati. Kini Obama masih mendapatkan beberapa fasilitas khusus, meski tidak selengkap saat menjabat sebagai presiden. Dia terlihat tetap sederhana, sama seperti sebelum ataupun saat menjabat sebagai presiden.

Bicara soal Obama, ternyata banyak juga yang penasaran akan kendaraan apa yang pernah digunakan pria berdarah Afrika tersebut. Saat menjadi orang nomor satu di Amerika Serikat, sudah pasti Obama menggunakan mobil canggih yang dilengkapi fitur keren dengan tingkat keamanan nomor satu, yaitu limosin The Beast.

Hhmm, ternyata kepemilikan mobil pribadi Obama tidak banyak diketahui. Namun demikian, Obama pernah memiliki mobil sendiri, apa itu?

Mobil yang dimaksud adalah Chrysler 300C. Mobil pribadi tersebut diketahui digunakan sejak dia menjabat senator negara Illionis.

Namun demikian, menurut berbagai sumber, mobil tersebut telah lama dijual saat dia menjabat sebagai kepala negara pada era 2009-2017. Diketahui, mobil Obama tersebut telah dijual pada 2012.

Hanya saja, mobil bekas Obama yang dijual disebut di luar ekspektasi, karena tak laku. Di pasaran, harga mobil tersebut kala itu sebesar US$ 15.000 atau setara Rp 196 juta.

Tentu saja ini sangat mengecewakan karena dengan mengusung embel-embel nama Barack Obama, tentu awalnya diprediksi akan tembus diharga US$ 1 juta atau mencapai Rp 13 miliar.

Mobil bekas yang digunakan Barack Obama selama tiga tahun sebelum menjabat presiden Amerika Serikat dilelang di situs eBay.

Disebutkan, sedan Chrysler 300C berwarna abu-abu lansiran 2005 itu memiliki odometer 19 ribu mil atau setara 30.577 kilometer.

Chrysler 300C itu dipakai Obama selama tiga tahun hingga 2007. Ia memilikinya dengan cara mencicil. Kemudian, ganti kendaraan ke Ford Escape Hybrid, kendaraan ramah lingkungan dan cocok dengan kampanye ramah lingkungannya.

Selama menjadi presiden, Obama ditaksir memiliki kekayanaan senilai US$ 12 juta atau sekitar Rp 157 miliar. Tentu saja dengan uang tersebut ditambah royalti, bukan hal sulit untuk Obama mendapatkan mobil-mobil baru.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.