Sukses

Solusi Otomotif: Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas, Bolehkah?

Saya punya dua pertanyaan:
1. Apakah tepat jika mengatasi rantai motor yang kering dengan melumasi oli bekas yang telah terpakai?
2. Bolehkah menyemprotkan angin ke dalam tempat oli pada mesin motor saat melakukan penggantian oli berkala, yang dimaksudkan untuk membersihkan tempat oli pada mesin? Jika tidak maka bagaimana metode penggantian oli yang tepat?
--Arrizal Faizin-- Batu Aji, Batam

Liputan6.com, Jakarta
Dear Arrizal,
Berikut jawabannya:
1. Kurang tepat karena memberikan atau melumasi rantai yang kering dengan oli bekas justru akan memperpendek usia rantai, dikarenakan oli bekas sudah tercampur dengan kotoran dari gesekan part-part di mesin .
2. Untuk menyemprotkan angin melalui lubang masukan oli mesin, pastikan angin yang keluar dari kompresor terlebih dahulu sudah tersaring (filter). Sehingga, angin yang keluar dari kompresor tidak mengandung kadar air. Jika angin yang bercampur dengan air masuk ke dalam mesin maka akan memengaruhi performa mesin.

Kemudian agar sisa-sisa oli keluar lebih optimal dapat dilakukan dengan menggunakan kick stater. Caranya dengan memosisikan kunci kontak di posisi off, kemudian lakukan kick stater sebanyak 2-3 kali. Sampai oli di dalam mesin tidak keluar lagi.

Demikian informasi saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Venus Adha

 
Dapatkan kesempatan meraih apparel menarik dengan mengirimkan pertanyaan mengenai sepeda motor ke otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject: SOLUSI OTOMOTIF

Nama:

Usia:

Lokasi:

Pertanyaan:

Nomor Telepon:

Alamat Lengkap:

Hanya pertanyaan terpilih yang akan mendapat hadiah menarik dan kami tayangkan. Pertanyaan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Oli Mobil Asli Jerman Masuk Indonesia, Apa Kelebihannya?
Artikel Selanjutnya
TAU, Perusahaan Jepang Spesialis Mobil Rusak