Sukses

Ingat, Ini Bawaan yang Wajib Ada Dalam Mobil Saat Mudik

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini puncak arus mudik Lebaran terjadi. Bagi Anda yang masih belum melakukan mudik ada baiknya mempersiapkan berbagai peralatan secara lengkap. Terutama untuk mobil yang sudah termakan usia.

Setidaknya ada beberapa yang harus dibawa pemudik antara lain, perlengkapan P3K, repair kit, dongkrak, pompa ban listrik, kabel jumper, dan kabel derek.

Selain itu, perlengkapan lainnya yang tak kalah penting adalah senter. Tentunya ini akan dibutuhkan, jika kendaraan mengalami masalah di malam hari. Maka dari itu simpanlah senter di tempat yang mudah dijangkau.

Seakan tak bisa lepas dari telepon genggam atau smartphone, maka ada baiknya membawa power bank dengan daya yang cukup besar, minimal 10.000 mAh.Tentu saja power bank wajib diisi full sebelum berangkat.

Uang tunai, pastikan jangan sampai tertinggal, mulai dari uang receh hingga ratus ribuan. Sebab, dengan menggunakan uang tunai kita bisa membayar dengan mudah. Termasuk membayar jasa parkir atau bengkel.

Selain membawa tas berisi pakaian, ada baiknya penumpang membawa bantal leher. Hal ini sangat berguna karena bentuk bantal yang kecil pas untuk bersandar.

Sementara menurut instruktur RDC (Real Driving Center), Marcell Kurniawan, selain perlengkap yang telah disebutkan di atas, bawaan yang tak kalah penting adalah adanya makanan ringan dan juga air mineral.

“Intinya untuk berkendara badan harus fit, jangan sampai perut kosong, tidak boleh dehidrasi, apalagi saat macet. Perut kosong kadang suka dibilang masuk angin, padahal asam lambung naik, lalu pusing, dan bisa meninmbulkan gangguan dan juga bisa berakibat fatal seperti kecelakaan karena tidak konsentrasi,” ucap Marcel.

Bagi kaum muslim yang melakukan perjalanan jauh atau musafir, berbuka karena letih atau kelelahan memang bukan suatu halangan. Hanya saja, mereka harus membayar dengan cara berpuasa kembali usai bulan Ramadan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.