Sukses

Pelajari Sistem 2 Way atau 3 Way Sebelum Ganti Audio Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, pemilik mobil yang hendak mengganti perangkat audio di mobil kesayangan akan dihadapkan dengan pilihan sistem 2 way atau 3 way. Nantinya, sistem mana yang akan digunakan akan berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan.

Dijelaskan Eddie Soesanto, Pemilik Cartens Audio, perbedaan mendasar antara sistem 2 way dan 3 way sudah pasti kualitas suara, karena terdapat perbedaan pada sistem komponen speaker yang terpasang di mobil.

"Gampangnya, kalau sistem 2 way ada tweeter dan midbass, dan crossover pasif. Sedangkan 3 way ada penambahan pada komponen speaker, yaitu midrange," terang Eddie kepada Liputan6.com, di workshop-nya, Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Ruko Blok D2, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Fungsi midrange untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang tidak bisa ditangkap oleh tweeter dan midbass. Dengan menggunakan midrange, suara vokal yang dihasilkan lebih tebal dan jelas.

"Namun untuk yang baru upgrade audio, sebaiknya menggunakan sistem 2 way, karena sistem 3 way juga membutuhkan instalasi khusus, dan membutuhkan banyak ruang di kabin mobil," tambah dia.

Nah, instalasi khusus yang dimaksud karena untuk sistem 2 way, tweeter hanya diletakkan di atas dashboard pada pilar A dan midbass di kompartemen pintu depan, dan keduanya tidak mengganggu pemandangan pengemudi.

Sedangkan penambahan midrange, biasanya diletakkan di atas dashboad, dan pasti mengurangi pandangan pengemudi. Kemudian jangan lupa, jika menggunakan sistem 2 way atau 3 way, usahakan pasang peredam suaranya.

 

Yuk nonton video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.