Sukses

208 Ribu Mobil Terakit Setiap Hari

Liputan6.com, Jakarta - Berapa mobil yang dibuat seluruh pabrikan otomotif di dunia saat ini? Jawabannya: dari awal tahun lalu sampai dengan berita ini dibuat (24/6), per hari kira-kira ada 208 ribu mobil baru selesai dirakit di lini produksi.

Ini bersumber dari data yang dilansir worldometers.info/cars/. Laman ini sendiri sumber datanya berasal dari statistik yang dikeluarkan oleh International Organization of Motor Vehicle Manufacturers (OICA), organisasi payung di mana pabrikan di seluruh dunia berhimpun.

Ketika berita ini ditulis, ditampilkan bahwa sudah ada 36.522.144 unit mobil diproduksi (dan sudah bertambah ketika Anda membacanya). Sementara tahun ini sudah berjalan selama 175 hari. Maka 36.522.144 unit dibagi 175 hari, hasilnya adalah 208.698 unit per hari.

Angka ini setara dengan penjualan Toyota Agya dari pertama kali meluncur pada 2013 sampai Mei 2017.

Dikatakan pada laman tersebut, formula penghitungan selain berdasarkan pada data terkini yang tersedia, juga cocoknya dengan tren yang ada, serta proyeksi yang digunakan untuk memperkirakan total mobil yang dibuat pada tahun berjalan.

Adapun definisi "mobil" yang dimaksud dalam pangkalan data ini adalah mobil penumpang, beroda setidaknya empat buah, dan terdiri tidak lebih dari delapan kursi. Sementara kendaraan komersial seperti truk, pikap, dan sepeda motor, tidak masuk dalam hitungan.

Sementara definisi produksi mengacu kepada kendaraan yang dibuat utuh completely built up (CBU), bukan yang dirakit terpisah untuk dijual atau dibeli dari atau ke tempat lain.

Perlu dicatat, anggota OICA, adalah 39 asosiasi dari berbagai negara, dari mulai Eropa, Amerika, dan Asia. Indonesia sendiri tergabung di dalamnya melalui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Jadi bisa saja angkanya lebih banyak dari ini jika non-OICA juga dihitung.

Sangat banyak, ya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.