Sukses

Bus Double Decker PO Putera Mulya Punya Fitur Keselamatan Canggih

Liputan6.com, Bogor - PT. Putera Mulya Sejahtera, Perusahaan Otobus (PO), kembali meluncurkan dua unit bus tingkat atau double decker Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Bus ini menghubungkan antara kota Bogor, Solo, sampai Wonogiri, Jawa Tengah.

Pimpinan Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, mengatakan bahwa penambahan unit ini adalah untuk melayani permintaan yang cukup tinggi dari konsumen.

"Permintaan pelanggan yang menginginkan layanan bus yang berbeda dari bus-bus yang ada selama ini," terangnya, dikutip dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (23/6) kemarin.

Bus premium ini ditopang oleh sasis premium Scania K410IB/6x2*4 dengan konfigurasi 3-axle (tiga sumbu roda). Menariknya, di bus ini tertanam perangkat canggih yang dapat memantau dari mulai perilaku menekan pedal gas dan rem, hingga jarak aman pengereman.

Selain itu, di bus ini juga terdapat perangkat keselamatan yang cukup lengkap. Dari mulai sistem pengereman Antilock-Brake System, Electronic Stability Program, Electronic Distribution Brake serta retarder (tuas pengendali deselerasi mesin).

Bukan hanya itu, terdapat pula fitur Hill Hold dan Down Hill yang memudahkan pengemudi dalam mengendalikan busnya dalam keadaan menanjak atau menurun.

Untuk naik bus ini, konsumen perlu merogoh kocek sebesar Rp 225 ribu di dek atas dengan 38 kursi. Sementara kalau di bawah yang hanya ada enam kursi, harganya Rp 325 ribu. Tapi itu harga normal. Di momen mudik seperti sekarang, harga tertingginya mencapai Rp 550 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.