Sukses

Sayang Anak, Jangan Lupa Pakai Carseat di Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Buat pemudik yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil, dan mengajak buah hati tersayang, ingat, jangan menyepelekan penggunaan kursi tambahan anak yang sesuai standar, terlebih untuk menghadapi musim arus balik Lebaran.

Saat ini, banyak pabrikan yang sudah mulai melengkapi kendaraannya dengan fitur isofix, jadi lebih mudah memasang kursi anak.

Dilansir Paultan.org, ada beberapa langkah untuk memilih kursi anak yang nyaman dan aman ketika digunakan saat berpergian jauh, seperti mudik Lebaran atau arus balik Lebaran.

Sebelum membeli kursi anak, Anda harus mengetahui jenis tempat duduk, tergantung tinggi dan berat anak. Lalu, perhatikan juga mobil Anda dilengkapi fitur Isofix, atau hanya dipasang menggunakan sabuk pengaman.

Langkah selanjutnya, memang metode pemasangan kursi anak bervariasi, tergantung jenis kursi yang dibeli.

Namun, ada beberapa tips universal ketika memasang kursi anak, yaitu sebisa mungkin posisi kursi menghadap belakang bagi bayi lahir sampai umur satu tahun.

Dengan posisi anak menghadap belakang, akan memberikan perlindungan terbaik untuk kebanyakan kecelakaan. Jika, si anak sudah merasa lelah, baru hadapkan ke depan beberapa waktu, kemudian kembali menghadap ke belakang.

Untuk yang memasang kursi anak hanya dengan pemasangan sabuk keselamatan, pastikan sabuk terikat dengan benar dan kuat. Dan bagi pengguna fitur Isofix, pastikan kursi sudah terpasang dengan benar.

 

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.