Sukses

5 Museum Mobil Keren dan Unik, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Museum Angkut di kota Malang, Jawa Timur bukanlah satu-satunya museum transportasi di dunia. Sebab, meski museum sangat lengkap dan memiliki koleksi yang sangat banyak, ternyata ini hanyalah sebagian kecil.

Pasalnya, museum transportasi khususnya mobil juga tersebar di seluruh penjuru dunia. Hal ini sengaja didirikan untuk mengingatkan kembali sejarah, di saat mobil berperan banyak membangun peradaban manusia dari tahun ke tahun.

Dari sekian banyak museum yang ada, ternyata beberapa di antaranya tergolong cukup menarik dan unik, misalnya karena koleksinya berupa mobil yang sangat tua dan langka.

Hingga ada juga museum yang didirikan dengan jenis atau satu merek saja untuk mengenang evolusi dari perusahaan otomotif terkait.

Mau tahu apa saja museum mobil apa saja yang sangat unik dan keren? Berikut daftarnya seperti dilansir popularmechanics.com.

International Monster Truck Museum and Hall of Fame

Sulit dipercaya bahwa monster truck telah diciptakan lebih dari 3 dekade. Truk pikap 4WD raksasa bernama bigfoot oleh Bob Chandler ternyata berkembang pesat menjadi industri yang kompetitif.

Karena sejarahnya yang panjang, seorang pria bernama Jeff Cook memutuskan untuk membangun museum khusus untuk truk raksasa tahun 1990-an. Museum ini terdapat di Auburn, Indiana, Amerika Serikat. Beberapa koleksi awalnya adalah Bigfoot generasi pertama, "Animal" dan "Goliath".

 

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 3 halaman

Next

Military Vehicle Tecnology Foundation

Museum ini adalah tempat yang paling tepat untuk belajar tentang tank. Mulai didirikan pada tahun 1975 oleh Jacques Littlefield, museum ini memiliki koleksi generasi pertama seperti M3A1 Scout Car serta beragam kendaraan amfibi dan tank-tank lain.

Terletak di California, AS, museum ini juga memamerkan beragam dokumentasi setiap kendaraan saat masih aktif berperang.

Sejarah mobil adalah sejarah yang panjang. Untuk mengingatnya, dibuatlah museum yang khusus menyimpan mobil dan beragam ceritanya (Foto: www.southendkustom.com).

Volo Auto Museum

Ini adalah salah satu museum otomotif dengan koleksi paling beragam di Amerika Serikat (AS). Museum yang dibuka untuk publik tahun 1960 ini memiliki koleksi mobil bintang-bintang Hollywood, kendaraan militer, mobil klasik, mobil aneh, bahkan mobil yang siap dijual ke pasaran.

Bagian yang paling menarik di museum yang terletak di Chicago ini adalah bagian "mobil aneh". Bagaimana tidak, di tempat ini, misalnya, terpajang mobil yang terdapat dalam film Green Hornet yang dilengkapi senapan.

 

2 dari 3 halaman

Next

National Museum of Funeral History

Museum ini didedikasikan untuk menyimpan mobil-mobil yang pernah digunakan untuk mengangkut jenazah. Di sini, Anda dapat menemukan kereta kuda untuk membawa jenazah, sampai dengan mobil yang dikendarai Ronald Reagan saat ditembak dengan sniper.

Museum ini terletak di Houston, Texas, AS. Untuk dapat mengunjungi tempat ini, pengunjung ditarik biaya sebesar US$ 10 dan anak-anak sebesar US$ 7.

Sejarah mobil adalah sejarah yang panjang. Untuk mengingatnya, dibuatlah museum yang khusus menyimpan mobil dan beragam ceritanya.

Los Angeles Country Fire Museum

Seperti namanya, museum ini mengoleksi sekitar 60 kendaraan pemadam kebakaran yang diproduksi tahun 1860 hingga mobil pemadam kebakaran terbaru. Meskipun memiliki ruang pamerannya terbatas, ternyata museum ini memiliki koleksi yang cukup banyak.

Artikel Selanjutnya
Menikmati Santai Sore Seru di Up2Yu Resto
Artikel Selanjutnya
Wanagiri Hidden Hills, Jadi Tempat Selfie Kekinian di Bali