Sukses

Seumur Hidup, Barack Obama Tidak Boleh Nyetir Mobil

Liputan6.com, Washington - Ada aturan menarik yang berlaku untuk presiden, wakil presiden, mantan presiden, dan mantan wakil presiden Amerika Serikat (AS). Mereka tidak boleh mengendarai mobil sendiri di jalanan umum. Aturan ini juga berlaku pada Barack Obama, yang kini tengah berlibur di Bali.

Orang-orang penting yang mungkin nomor satu di dunia ini bahkan tidak bisa sekadar mengendarai mobil golf, atau hanya pergi 1 kilometer dari rumah sekalipun. Ini berlaku tidak hanya di AS, tapi juga di semua negara di mana mereka berada. Selalu ada sopir yang siap mengantar.

HW Brands, profesor sekaligus sejarawan kepresidenan AS dari University of Texas, mengatakan bahwa bisa jadi presiden AS terakhir yang bebas berkendara di jalan raya seperti warga biasa adalah Lyndon Johnson, yang menjabat antara 1963 sampai 1969.

"Begitu Anda jadi Presiden AS, Anda bahkan tidak boleh berhenti di lampu merah. Dan kalau terlihat lalu lintas terlalu buruk, Anda harus naik helikopter," ujar Brands.

Aturan soal berkendara mulai berubah ketika John F Kennedy, pendahulu Johnson, ditembak sniper saat mengendarai Lincoln beratap terbuka pada 22 November 1963. Sadar bahwa ketika itu keamanan untuk presiden sangat ketat, semua dirombak. Diperbaiki.

Presiden AS setelah Kennedy tidak boleh lagi pakai mobil beratap terbuka, apalagi sampai melambai-lambaikan tangan ke masyarakat seperti yang Kennedy lakukan sebelum insiden. Sementara mobil kepresidenannya sendiri, dirombak dengan fitur keselamatan maksimal.

Meski demikian, sebetulnya sebelum pemerintahan Obama tidak ada Undang-undang atau peraturan yang secara tegas menyebut kalau Presiden AS tidak boleh berkendara sendiri di mobil pribadi. Yang ada adalah protokoler dari Secret Service.

Namun pada 2012, Obama menandatangani aturan bernama Former Presidents Protection Act, yang pada intinya memberikan garansi bahwa mantan presiden, dan presiden-presiden setelahnya (termasuk Donald Trump), akan mendapat perlindungan seumur hidup dari Secret Service. Yang dimaksud perlindungan tersebut termasuk disopiri ke mana pun dan di mana pun. 

Dari sana, sebetulnya Obama telah "melarang" dirinya sendiri bersenang-senang berada di balik kemudi. Meskipun sudah diketahui umum bahwa dirinya cukup suka dunia otomotif.

Namun perlu digarisbawahi, aturan ini berlaku di jalan umum. Yang artinya, kadang presiden juga berkendara di tempat-tempat khusus, meski mungkin tidak disukai Secret Service. Obama, misalnya, pada 2012 lalu pernah mengemudikan Chevrolet Volt di sekitar Gedung Putih.

Terakhir, Juni kemarin, Obama juga pernah mengendarai Corvette Stingray Split Window Coupe lansiran 1963. Lagi-lagi, ia melakukannya di Gedung Putih.

 

Simak Video Menarik Lainnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.