Sukses

Velg Jari-jari Bisa Pakai Ban Tubeless

Liputan6.com, Jakarta Dalam kondisi standar, pelek jari-jari tidak dapat dilapisi dengan ban tubeless. Pasalnya, struktur pelek ini membuat bidang di lingkaran luar berlubang, tidak seperti yang berjenis palang.

Namun begitu hal tersebut bisa diakali. Pelek jari-jari bisa menggunakan ban tubeless asalkan lubang-lubang di lingkaran ditutup. Bagaimana caranya?

Cukup mudah. Caranya adalah dengan melapisi terlebih dulu pelek dengan ban dalam tubetype yang telah digunting setengah.

"Pakai ban dalam yang punya ring lebih kecil dari pelek, lalu dibelah. Baru dipasang ke pelek," ujar Andreas Aldrin, pemilik toko Rumah Ban Motor, kepada Liputan6.com.

Dengan menempelkan terlebih dulu ban dalam di sepanjang lingkaran luar pelek, maka itu dapat mencegah keluarnya udara. Ban tubeless pun siap dipakai di pelek jari-jari.

Namun, perlu dicatat kalau trik ini tidak berlaku untuk semua jenis pelek jari-jari. Dengan alasan keselamatan, ia hanya bisa diaplikasikan kalau pelek terbuat dari aluminium, bukan besi. Lebar pelek pun minimal harus 2,5 inci.

Sebagai informasi tambahan, banyak yang ingin pakai ban tubeless karena memang jenis ini lebih baik ketimbang ban tubetype. Satu keunggulan utama darinya adalah ia tidak langsung gembos ketika tertancap benda tajam seperti paku.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Mengenal Karakteristik Semir Ban, Mana yang Cocok?
Artikel Selanjutnya
Ini Bedanya Helm Mobil dan Motor