Sukses

Tiga Lubang Knalpot Honda Civic Type R, Buat Apa?

Salah satu hal unik dari Honda Civic Type R model 2017 adalah adanya tiga pipa knalpot, di mana umumnya hanya ada satu dan dua.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal unik dari Honda Civic Type R model 2017 adalah adanya tiga pipa knalpot, di mana umumnya hanya ada satu dan dua. Beberapa orang menganggap ini berlebihan. Namun ternyata, hal tersebut bukan semata untuk estetika.

Rob Keough, Senior Product Planner Honda, mengatakan bahwa hal tersebut berkaitan dengan suara yang keluar. Ketika hanya pakai satu pipa, suara yang keluar tidak enak.

"Secara tradisional hanya dengan satu sistem pembuangan besar, suara akan banyak mendengung, meledak-ledak, tidak begitu nyaman saat melaju di jalan raya saat kecepatan tinggi. Karena itu, Honda pakai sistem tiga pipa," ujar Keough, kepada Road & Track.

Ia menyebut, dua pipa di kanan dan kiri mengadopsi straight-flow muffler. Sementara, pipa utama berfungsi sebagai peredam suara. Dengan sistem seperti ini, pada kecepatan rendah, knalpot mengeluarkan "geraman" yang lebih keras, tetapi tetap nyaman kalau didengar dari kabin.

"Pengemudi masih merasakan arus besar dari knalpot, tapi juga bisa dapat pengalaman kabin yang nyaman di kecepatan tinggi," sambungnya.

Ia mengatakan, sistem tiga pipa ini sekaligus untuk menghindari "suara palsu" yang kerap dipakai pabrikan lain.

Konsep pipa ini, sekaligus model secara keseluruhan, adalah "natural dan jujur". "Sistem ini dirancang sederhana, di mana Anda bisa mendapat kepuasan tanpa komponen tambahan," terang Keough.

Untuk diketahui, pada 2015 lalu, Washington Post menurunkan berita soal suara palsu pada banyak mobil. Mereka menyebut kalau banyak mobil yang dijual ketika itu menggunakan perangkat suara tambahan. Suara palsu diperoleh dari pipa khusus, atau dipalsukan secara digital.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.