Sukses

Sang Legenda Fiat 500 Tapaki Usia 60

Liputan6.com, Jakarta - Mobil mungil ikonik dari Italia, Fiat 500, resmi berusia 60, Selasa (4 Juli 2017) kemarin. Sejumlah capaian telah sukses digapai di usia tersebut.

Keluar lini produksi pada 4 Juni 1957, mobil yang dibuat di Turin ini dengan cepat menjadi fenomena global. Hingga generasi pertama, tahun 1975, mobil ini terjual hampir 4 juta unit di seluruh dunia. Demikian seperti yang dikutip dari Automotive World.

Menariknya, dari jumlah itu, sekira 400 ribunya masih bisa ditemukan di jalan-jalan Italia hari ini. Ini menandakan bahwa konsumen mereka loyal, sekaligus modelnya yang memang tangguh.

Ashley Andrew, Managing Director of Fiat Chrysler Automobiles UK mengatakan bahwa meski mobil ini kecil, tapi ia punya dampak yang besar pada dunia otomotif.

"Hanya beberapa mobil saja yang bisa mengklaim telah membuat kesan yang sama terhadap budaya populer dan bahkan lebih sedikit lagi, terus menginspirasi orang lain dan mengilhami gairah selama enam dekade," ujar Andrew. Dan tentu saja, yang sedikit itu termasuk Fiat 500.

Selama "mati suri" dua dasawarsa, Fiat 500 kembali dilahirkan tahun 2007. Sama seperti pendahulunya, mobil ini tetap mendapat respon positif dari pasar. Tercatat, sudah ada dua juta Fiat 500 generasi kedua yang terjual, dengan penghargaan lebih dari 40 buah.

"Generasi kedua mobil ini menjadi fenomena dan dengan sendirinya menjadi kultus," sebut Automotive World.

Selamat ulang tahun Fiat 500! Semoga panjang umur!

 

Yuk simak juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Cerita Ibu Tiri tentang Sosok Pantang Menyerah Valentino Rossi
Artikel Selanjutnya
3 Bintang Serie A yang Pernah Main Film