Sukses

Begini Cara Mengatur Posisi Nyetir ala Profesional

Liputan6.com, Jakarta - Porsche Media Driving Academy yang berlangsung dari 4-6 Juli 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia, benar-benar mengasah kemampuan jurnalis untuk berkendara dari dasar hingga tingkat kesulitan tinggi. Semua materi yang diberikan tidak saja diaplikasikan untuk sirkuit, banyak juga ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalkan mengatur tempat duduk pengemudi.

Mengatur posisi berkendara merupakan hal krusial dalam berkendara. Pasalnya, reaksi mobil akan sangat ditentukan oleh input dari pengemudi, dan sang pengemudi juga dapat merasakan input dari mobil jika posisi berkendaranya tepat. Misalnya, Anda akan mengetahui seberapa besar roda belakang kehilangan traksi melalui pinggul Anda.

Yang pertama perlu dilakukan, adalah mengatur jarak tempat duduk. Tempatkan kaki kiri pada ujung ruang kaki, jika menggunakan mobil bertransmisi manual, maka injaklah pedal kopling sedalam mungkin. Setelah itu, geser kursi hingga lutut sedikit menekuk. Dengan begitu, resiko cedera kaki patah akan berkurang jika mengalami benturan hebat.

Setelah itu, atur kemiringan kursi hingga Anda bisa menempatkan kedua tangan di arah jam 12 lingkar kemudi, setelah itu tempatkan tangan kiri di arah jam 09.00, sedangkan tangan kanan di arah jam 03.00. Atur kemiringan lingkar kemudi (tilt), sampai Anda bisa melihat informasi pada instrumental panel dengan jelas.

Dan yang terakhir, pastikan bagian belakang tubuh menempel rapat dengan jok agar Anda bisa merasakan pergerakan pada mobil dan selama bermanuver pastikan posisi kedua tangan tidak berubah.

Itulah tips untuk mengatur posisi berkendara dari instruktur professional Porsche Media Driving Academy. Ikuti laporan langsung dari Malaysia oleh reporter Liputan6.com Amal Abdurachman selanjutnya.

 

 

Yuk tonton juga video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Hapalkan 8 kosakata Ini Kalo Mau Dibilang Anak Gaul
Artikel Selanjutnya
Intip Pose Yoga Super Menantang Istri Sutradara Warkop DKI Reborn