Sukses

Lima Mobil Listrik Tercepat di Dunia, Siapa Juaranya?

Meskipun digerakan motor listrik dan tenaganya bersumber pada beterai, mobil ini juga memiliki akselerasi dahsyat mengalahkan mobil bensin

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan mobil listrik kini sudah seperti menjadi tren tersendiri. Dengan semakin tingginya polusi udara serta berkembangnya teknologi, dipercaya bakal mempercepat mobil listrik diterima masyarakat secara global.

Meskipun berstatus sebagai mobil bertenaga alternatif, bukan berarti mobil listrik ini hanya mengejar ramah lingkungan. Namun, ada beberapa pabrikan otomotif yang justru menciptakan mobil listrik dengan performa yang luar biasa.

Meskipun digerakkan motor listrik dan tenaganya bersumber pada aki, mobil listrik ini juga memiliki akselerasi yang tak kalah dahsyat dengan mobil konvesional.

Menurut Acceleration, dari sebuah video yang diunggah di Youtube, ditulis Rabu (5/7/2017), ada lima mobil tercepat di dunia.

Berikut ulasan singkatnya:

5. Renault Trezor

Untuk posisi paling buncit, alias kelima adalah mobil listrik asal Perancis, Renault Trezor. Meskipun masih berstatus konsep, mobil elektrik berkapasitas dua penumpang ini memiliki tenaga yang cukup dahsyat.

Sumber tenaga berasal dari motor elektrik Formula E yang bisa menghasilkan daya hingga 350 Tk dengan torsi puncak 380 Nm. Untuk akselarasinya diklaim dari 0 hingga 100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu kurang dari empat detik.

 

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

4. Tesla Model X

Posisi selanjutnya untuk mobil listrik tercepat ditempati oleh mobil hasil kreasi Elon Musk, yaitu Tesla Model X.

Selain tercepat, Tesla Model X juga hadir sebagai SUV teraman. Namun, berbicara soal akselerasi, dengan pilihan tipe aki 75D, kapasitas baterai 75 kWh dengan daya tempuh 380 kilometer.

Namun terdapat juga tipe 90D, 100D, dan P100D dengan daya baterai yang lebih besar dan bisa dipesan konsumen Indonesia.

Untuk baterai berkapasitas 90 kWh, mampu membawa mobil ini menjelajah hingga 402 kilometer. Sementara itu, akselerasi mobil ini dari 0 sampai 100 km/jam hanya butuh waktu 3,2 detik.

3. Tesla Model S P100D



Menyusul Tesla Model X, berada di peringkat tiga mobil listrik tercepat juga ada mobil listrik Amerika Serikat lainnya, yaitu Tesla Model S.

Dengan aki kapasitas besar, Tesla Model S ini memiliki daya hingga 760 Tk dengan akselarasi dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik.

3 dari 3 halaman

Next

2. Nio EP9

Kejutan datang dari mobil listrik tercepat nomor dua, yaitu Nio EP9. Ternyata, meskipun milik perusahaan Tiongkok, namun mobil ini mampu berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 2,7 detik. Selain itu kecepatan mobil ini tercatat hingga 312 km/jam.

Selain itu, Nio EP9 disebut telah mencatatkan rekor mobil listrik tercepat di dua tempat yang berbeda. Pertama, di sirkuit Nordschleife, Nürburgring, Jerman. Mobil ini melahap lintasan sepanjang 20,8 kilometer dalam waktu tujuh menit 5,12 detik.

Dalam pengetesan kedua di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, Nio EP9 mampu mencatatkan waktu satu menit dan 52,78 detik, dengan panjang lintasan 5,8 km.

1. Rimac Concept One



Untuk sang juara dari deretan lima mobil listrik tercepat, diraih oleh Rimac Concept One. Mobil yang sudah dipamerkan di ajang Geneva Motor Show tahun lalu ini memiliki mesin yang cukup buas, dengan daya mencapai 1.070 Tk dan torsi 1.599 Nm.

Baru-baru ini Rimac ramai dibicarakan. Pasalnya sportscar itu mengalami kecelakaan saat dikemudikan mantan presenter Top Gear, Richard Hammond. Concept One diklaim sanggup berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam hitungan 2,6 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.